Kebakaran di Gunung Sumbing Hanguskan 506,9 Hektar Lahan

Editor: KRjogja/Gus

TEMANGGUNG (KRjogja.com) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temangggung mencatat luasan lahan dan hutan lindung di Gunung Sumbing yang rusak akibat kebakaran dari Senin (10/9) hingga Selasa (18/9) mencapai 506,9 hektare.  Luasan itu diperkirakan masih akan bertambah mengingat api belum sepenuhnya padam meski sudah melibatkan helikopter Boombing Kamov PK-HVK milik BNPB.

 

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung Gito Wangaldi mengatakan helikopter hanya beroperasi pada pagi hingga siang hari. Sebab menjelang siang atau setelah tengah hari kabut sudah mulai turun sehingga menganggu jarak pandang helikopter.

"Helikopter diefektifkan pada pagi hingga siang, sebelum kabut turun, setelah ada kabut operasi pemadaman dihentikan," kata Gito Walngadi, Selasa (18/9).

Dia mengatakan pada Selasa, Kamov PK-HVK hanya mengangkut sekitar 4 rit air yang diambil dari Wadas Lintang Wonosobo. Hasil evaluasi yang dilakukan pada Senin petang, pemadaman sepanjang hari itu telah berhasil memadamkan api di dua titik, dari sebelumnya lima titik. Sehingga pada Selasa konsentrasi pemadaman di tiga titik yang semuanya di petak 20-1. Pada Senin kemarin kebakaran di petak 27-1, 27-2 dan 27-3.

"Kami sejauh ini konsentrasi di wilayah Temanggung, saat ini kebakaran mulai ke wilayah Wonosobo, sehingga akan dikoordinasikan dengan BPBD Wonosobo," kata dia.

Dia mengatakan pemadaman menggunakan helikopter dinilai efektif karena dapat menjangkau titik yang tidak bisa dijangkau personel di lapangan seperti di jurang dan lereng curam, yang terdapat rumput tebal dan tonggak. Helikopter ini mampu mengangkut sekitar 5000 liter dan dicurahkan dari udara.

Gito menyampaikan Rabu pagi tim penyapu yang berjumlah sekitar 160 orang dari TNI, Polri, BPBD, SAR, PMI dan relawan akan diterjunkan ke lereng yang terbakar untuk memeriksa lokasi, Jika masih ada sisa-sisa api akan dipadamkan secara manual. " Tiap sore kami evalusi hasil operasi, untuk menentukan operasi hari berikutnya, " katanya sembari mengatakan diharapkan Rabu pemadamam sudah selesai sempurna. (Osy)

 

BERITA REKOMENDASI