Kebakaran di Karoseri Anugerah Hanguskan 10 BUS

Editor: KRjogja/Gus

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Bengkel Karoseri Anugerah di jalan raya Secang-Temanggung, di Desa Pare, Kabupaten Temanggung kebakaran dan menyebabkan sedikitnya 10 bus hangus dilalap sijago merah, Sabtu (15/9).

Seorang karyawan Karoseri Anugerah Tarjo mengemukakan kebakaran berawal dari pembakaran sampah di bagian belakang karoseri yang kemudian api menyambar satu bus dan menjalar ke sejumlah bus lain yang ada di dekatnya. Pembakar sampah sendiri merupakan karyawan.

"Karyawan membakar sampah sekitar pukul 11.00 WIB, saat ditinggal pergi, tahu-tahu api membesar dan menyambar bus," katanya.

Mengetahui ada kebakaran, katanya, karyawan lalu memanggil pemadam kebakaran dan berusaha memadamkan dengan peralatan yang ada. Kebakaran menimbulkan asap tebal membubung tinggi.

Dikatakan sejumlah mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api, sementara karyawan dan warga berusaha mendorong bus yang belum terbakar menjauh dari kobaran api. "Ada sejumlah ledakan, yang dimungkinkan dari tangki bus yang berisi bahan bakar dan ban bus yang terbakar," katanya.

Kepala Desa Pare, Kecamatan Kranggan Supangat mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 14.00 WIB dan sekitar satu jam berikutnya api sudah bisa dipadamkan setelah dikerahkan belasan unit mobil kebakaran dari Temanggung dan Kabupaten Magelang.

Dia mengemukakan berdasarkan keterangan warga, sebelumnya ada seorang karyawan membakar sampah, kemudian apinya merambat ke sejumlah bus di dalam karoseri tersebut.

Disampaikan api tidak sampai menjalar ke rumah warga, karena petugas kebakaran bertindak cepat untuk memadamkan api.

Pelaksana tugas Kepala BPBD Kabupaten Temanggung Gito Walngadi mengatakan petugas dan pihak perusahaan sedang menginventarisis kerugian atas kejadian tersebut, tetapi  ditaksie mancapai miliaran rupiah. (Osy)

 

BERITA REKOMENDASI