Kebumen Benahi Wajah Tepi Kota

Editor: KRjogja/Gus

KEBUMEN (KRjogja.com) – Setelah lebih dari 10 tahun tak mendapatkan porsi pembenahan, akhirnya kawasan tepi kota Kebumen mulai mendapatkan perhatian kembali dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen untuk dibenahi di tahun anggaran 2016.

" Pembenahan dilakukan dengan cara mempercantik wajahnya dengan tatanan taman yang terkonsep dengan baik," ujar Kabid Kebersihan dan Pertamanan  Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kebumen, Marjono, di ruang kerjanya, Jum'at  (30/09/2016).

Menurut Marjono kawasan tepi kota Kebumen yang dipercantik wajahnya  di tahun 2016 adalah sepanjang tepi jalan provinsi di Kelurahan Selang hingga Dukuh Kedungbener Desa Sumberadi Kecamatan/Kabupaten Kebumen. Kawasan tepi jalan yang tengah dipercantik ini panjangnya sekitar 500 meter dan berada di tepi timur kota Kebumen.

" Di bagian tepi jalan di samping trotoar kami buat puluhan taman yang ditanami aneka tanaman tegak ditambah pergola-pergola. Selain sebagai hiasan, pergola juga berfungsi sebagai tempat merambat sejenis tanaman peneduh," ujar Marjono.

Dengan pembenahan tersebut menurut Marjono nantinya akan mengubah kesan bagian tepi kota Kebumen yang selama ini terkesan dikesampingkan, karena banyak ditumbuhi semak-semak liar, nantinya berubah menjadi kawasan yang  menarik.

"Bila berbicara tentang keindahan sebuah kota, penataan bagian tepi dan pusat kota seyogyanya menjadi sebuah kesatuan yang utuh, tak terpotong sebagian demi sebagian. Itulah pola pikir yang mendasari kami dalam pembenahan wajah tepi kota Kebumen kali ini," ujar Marjono. (Dwi)

 

BERITA REKOMENDASI