Kebumen Dukung Program Langit Biru

Editor: KRjogja/Gus

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Kabupaten Kebumen di tahun 2018 ini kembali berperan aktif untuk mendukung Program Langit Biru Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dengan berbagai kegiatan yang terkait dengan tujuan program  tersebut.

"Diantaranya, penambahan kapasitas hutan kota, penambahan ruang terbuka hijau dan penanaman pohon di sejumlah lokasi di Kebumen. Juga, pengurangan emisi gas buang kendaraan bermotor melalui 'car free day', pencegahan
pembakaran sampah oleh masyarakat serta penggunaan aneka perlengkapan yang ramah lingkungan," papar KasiPengendalian Pencemaran Lingkungan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Disperumkimlh) Kebumen, Alfia Diananita Zulfa MT, saat pengoperasian sejumlah alat pemantauan kualitas udara di Alun Alun Kebumen, Jum'at (05/10/2018).

Dikatakan Alfia bahwa tujuan Program Langit Biru berdasarkan Undang-Undang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup adalah untuk mengendalikan dan mencegah pencemaran udara serta mewujudkan perilaku sadar lingkungan dari aktifitas sumber yang bergerak (kendaraan bermotor) maupun tak bergerak (industri).

"Guna mendapatkan data pendukung tentang sejauh mana dampak Program Langit Biru di Kebumen, kami secara rutin 6 bulan sekali melakukan pengujian kualitas udara di kawasan padat penduduk, kawasan komersial dan kawasan padat lalu lintas di Kebumen," ujar Alfia.

Selain Alun Alun Kebumen, pengujian kualitas udara di bulan Oktober 2018 juga akan dilakukan di Pasar Tumenggungan Kebumen, Tugu Lawet Kebumen, Terminal Bus Kebumen dan beberapa pasar swalayan di kota Kebumen. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI