Kebumen Maju Lomba Menu B2SA Nasional

Editor: Ivan Aditya

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Kebumen berhasil terpilih untuk maju ke Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang Sehat dan Aman (B2SA) Tingkat Nasional tahun 2019, setelah menjadi juara 1 dalam Lomba Cipta Menu B2SA Jawa Tengah 2019 di Semarang, baru-baru ini.

Menurut Kabid Ketahanan Pangan Dinas Pertanian dan Pangan (Distapang) Kebumen, Kristiana Marahastuti MP, di ruang kerjanya, Selasa (27/08/2019), dalam Lomba Cipta Menu B2SA Jawa Tengah tersebut Kebumen mengirimkan Tim Penggerak PKK Kecamatan Adimulyo Kebumen. Tim ini memilih jagung sebagai materi lomba ditambah sejumlah bahan pangan penunjang lainnya.

"Lomba Cipta Menu B2SA agak berbeda dibandingkan lomba memasak lainnya. Tak hanya sekedar bercita rasa enak dan penampilan atau display makanan yang bagus saja, namun diperhitungkan pula nilai kelayakan gizinya dan faktor higienitas dan keunggulan kreatifitas penciptaan menunya," ujar Kristiana.

Mengingat kriteria tersebut, tim Kebumen berupaya membuat menu makan untuk sebuah keluarga dengan cita rasa lezat, menggugah selera dan memiliki nilai kelayakan gizi yang menunjang kesehatan keluarga.

“Selain jagung, kami memilih ikan lele sebagai bahan pangan protein hewani yang mudah diperoleh dan mudah diolah, beserta beberapa jenis sayur mayur dan buah-buahan," ujar Kristiana.

Pencapaian Kebumen dalam Lomba Cipta Menu B2SA 2019 Jawa Tengah tersebut lebih baik dibandingkan prestasi yang dicapai Kebumen dalam lomba serupa tahun 2018 lalu. Saat itu, Kebumen meraih juara 2.

"Selain piala dan hadiah uang, sebagai juara 1 di tahun 2019 ini, kami berhak mewakili Jawa Tengah dalam lomba serupa di Lombok pada Oktober 2019 mendatang," ujar Kristiana. (Dwi)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI