Kebumen Terhindar Dari Pemangkasan Anggaran

Editor: Ivan Aditya

KEBUMEN (KRjogja.com) – Kabupaten Kebumen oleh pemerintah pusat dinilai baik dalam hal penyerapan anggaran yang sumber dananya berasal dari pemerintah pusat sepanjang semester I tahun 2016. Disamping itu, Kebumen juga dinilai baik dalam hal penyusunan laporan dan jadwal penyerahan laporan penggunaan anggarannya.

“Keberhasilan tersebut berefek positip bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen. Di saat terjadi pemangkasan anggaran pada APBN 2016, juga ditundanya pengucuran Dana Alokasi Umum (DAU) 2016 kepada daerah, ternyata Kebumen selamat dari pemangkasan anggaran dan penundaan pengucuran DAU 2016 tersebut," ujar Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kebumen, Supangat SSos di ruang kerjanya, Senin (29/08/2016).

Menurut Supangat semula muncul kekhawatiran di jajaran Pemkab Kebumen sehubungan keputusan pemerintah pusat yang akan memangkas sebagian anggaran belanja APBN 2016 dan penundaan pengucuran DAU 2016. Ditengah kekhawatiran itu, Pemkab Kebumen langsung menanyakan kepada Kementerian Keuangan tentang nama-nama daerah yang terkena kebijakan itu.

"Kami langsung menanyakan ke Kementerian Keuangan dan ternyata mendapatkan jawaban bahwa Kebumen terhindar dari kebijakan pemangkasan anggaran dan penundaan pengucuran DAU tersebut, karena faktor penyerapan anggaran dan pembuatan laporan keuangan yang baik," jelas Supangat.

Disebutkan oleh Supangat bahwa dalam tahun 2016 Kebumen mendapatkan dana perimbangan dari pemerintah pusat sebesar Rp 1,4873 triliun, terdiri dari Dana Bagi Hasil Rp 34,576 miliar, Dana Alokasi Umum Rp 1,256 triliun dan Dana Alokasi Khusus Rp 186,669 miliar. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI