Kebumen Tuan Rumah HUT Ke-14 Tagana Nasional

Editor: KRjogja/Gus

KEBUMEN, KRJOGJA.com – HUT Ke-14 Taruna Siaga Bencana (Tagana) Tingkat Nasional bakal berlangsung di Kabupaten Kebumen. Menteri Sosial Idrus Marham dijadwalkan hadir dalam puncak peringatan HUT Ke-14 Tagana yang dipusatkan di Pantai Logending, Kecamatan Ayah, Senin (2/4/2018).

“HUT Ke-14 Tagana Tingkat Nasional di Kebumen bakal diikuti sedikitnya 2.000 anggota Tagana dari 34 provinsi di Indonesia,” ujar Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kemensos, Margo Wiyono, kepada wartawan di Gedung Press Center Kebumen, Sabtu (31/3/2018).

Jumpa pers dimoderatori Kabag Humas Setda Kebumen, Sukamto. Margo Wiyono didampingi Kasubdit Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos, Iyan Kusmadiana, serta Kepala Dinas Sosial dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos PPKB) Kabupaten Kebumen, Dwi Budi Satrio.

Kemensos memilih Kebumen sebagai tempat penyelenggaraan HUT Ke-14 Tagana Tingkat Nasional, bukan tanpa alasan. Margo Wiyono yang berasal dari Gunungkidul DIY menegaskan, dasar pemilihan lokasi karena prestasi Tagana Kebumen.

Menurutnya, Tagana Kabupaten Kebumen berhasil menginisiasi penanaman mangrove seluas 55 hektare di kawasan Pantai Logending dengan melibatkan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS). Tagana juga berhasil menyadarkan masyarakat akan arti penting hutan mangrove bagi lingkungan hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu di dalam hutan mangrove yang ada di kawasan Pantai Logending, ada satu pulau di tengah Sungai Bodo, sungai yang menjadi batas wilayah Kabupaten Kebumen dengan Kabupaten Cilacap. Untuk meredam rebutan pemanfaatan oleh warga Kebumen yang ada di sebelah timur sungai dan warga Cilacap yang ada di barat sungai, pulau kecil di tengah Sungai Bodo oleh Tagana Kabupaten Kebumen disulap menjadi hutan mangrove. Nalai tambah ekonomi dari hutan mangrove, akhirnya bisa dinikmati bersama.

“Oleh Menteri Sosial, pulau di tengah Sungai Bodo akan dinamakan Pulau Tagana,” ungkap Margo Wiyono seraya mengatakan, agenda lain Menteri Sosial Idrus Marham dalam puncak peringatan HUT Ke-14 Tagana di Kebumen adalah mengukuhkan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo sebagai Pembina Kehormatan Tagana Nasional. (Suk)

 

BERITA REKOMENDASI