Kecamatan Pakis Tertinggi Usia Nikah

MAGELANG, KRJOGJA.com – Dari 21 kecamatan, Kecamatan Pakis dan Kaliangkrik di Kabupaten Magelang, masih tertinggi angka pasangan usia subur (pus) yang menikah dibawah 21 tahun. Di sisi lain, di dua kecamatan itu juga masih minim peserta KB pria. 

Dua hal ini menjadi pekerjaan rumah Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (PPKB) Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Magelang.

"Secara umum, untuk kategori jumah anak, kabupaten magelang masih terkendali. Hanya yang menjadi PR kami, peserta KB pria masih alergi. Sejauh ini masih didominasi kaum perempuan. Khusus di Kecamatan Pakis dan Kaliangkrik, pernikahan muda juga masih banyak," kata Kepala Dinas Sosial, PPKB PPPA Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti di Balai Desa Kaliangkrik, Selasa (12/12/2017). 

Terkait hal itu, BKBN Pusat bersama Propinsi Jawa Tengah melaksanakan program Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) di Kecamatan Kaliangkrik dan Kajoran di Kabupaten Magelang. 

"Melalui KIE, kita memberikan informasi atau perlindungan KKBPK (Kependudukan, KB, Pembangunan Keluarga). Diantaranya melalui sosialisasi tentang keluarga berencana, penggunaan alat kontrasepsi dan lainnya. Kita berharap, program ini (KIE) bisa berlanjut di 19 kecamatan lain diwilayah ini," harapnya.

Ditambahkan, Agus Pujianto, Kepala Bidang Adpin (advokasi, Penggerakan Institusi) BKKBN Propinsi Jawa Tengah, mengatakan jika angka kematian ibu dan anak tinggi serta angka perceraian tinggi tidak hanya di Magelang dan Jawa Tengah, tapi secara umum di Indonesia masih tinggi. Karena itu, dalam setiap kegiatan seperti ini, selalu disampaikan terkait usia ideal pernikahan. (Bag)

BERITA REKOMENDASI