Kecanduan Game Online Kakak Beradik Mencuri Ponsel dan Uang Tunai

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Kecanduan game online, kakak beradik, Gps (18) dan Hsa (16) warga Kecamatan Kranggan Temanggung nekat mencuri di sebuah toko penjualan telphon genggam di Dusun Banjarsari Desa Kebumen, Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung. Keduanya mencuri dengan merusak pintu dan berhasil mencuri telphon genggam berbagai merk, uang tunai hasil penjualan, televisi, speaker portable, ratusan voucher paket data dan ratusan kartu perdana denan total mencapai Rp 70 juta.

Wakapolres Temanggung Kompol Ahmad Ghifar mengatakan pencurian dilakukan Gps dan Hsa pada Kamis malam lalu sekitar pukul 02.30 WIB di toko Counter Handphone JA Cell di Dusun Banjarsari Desa Kebumen Pringsurat Temanggung. “Gagasan pencurian oleh Gps dan diamini Hsa. Keduanya lantas berboncengan sepeda motor menuju ke lokasi. GPS dan Hsa menguras barang-barang yang ada di toko,” kata Waka Polres Kompol Ghifar, Senin (29/11/2021).

Sesampai di rumah, kata dia, ternyata ada beberapa telphon genggam yang rusak yang kemudian dibuang ke sungai Progo. Dikatakan petugas Kepolisian Sektor (Polsek) Pringsurat Kepolisian Resort (Polres) Temanggung yang mendapat laporan adanya pencurian berhasil menangkap keduanya berikut barang bukti.

Tetapi, katanya, uang tunai sudah habis untuk berbagai kebutuhan termasuk top up untuk game online yang menjadi kegemaran keduanya yang masih duduk di bangku sekolah. “Tersangka Gps dijerat 363 diancam hukuman pidana penjara selama-lamanya 7 (tujuh) tahun. Sedangkan Hsa dijerat dengan undang-undang anak,” kata dia.

Tersangka Gps mengatakan terpaksa mencuri karena harus mencukupi kebutuhan hidup seperti membayar uang kos, makan dan biaya sekolah dirinya dan adiknya. “Saya terpaksa mencuri,” katanya.

Dia mengatakan sebelumnya pernah mencuri di Secang, Pingit, dan Temanggung. “Termasuk saya mencuri burung yang kemudian dijual untuk biaya makan dan top up game online,” kata dia. (Osy)

BERITA REKOMENDASI