Kecelakaan Disantuni, 400 Pengrajin Gula Gabung Srikandi

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) – Tiga orang pengrajin gula kelapa mendapat santunan dari Koperasi Wanita (Kopwan) Srikandi Kabupaten Purworejo, karena mengalami kecelakaan (terjatuh) saat menderes (menyadap) nira.

Sementara itu 400 pengrajin gula kelapa asal Desa Gadingrejo Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo, menyatakan bergabung dengan koperasi ini.

Bergabungnya pengrajin ini menurut Ketua Kopwan Srikandi, Sri Susilowati SE, karena ingin meningkatkan kualitas produksi dengan harapan dapat ekspor. Tekad ini juga diwujudkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara koperasi yang ditandatangani Sri Susilowati dan Pembina Kopwan Srikandi H Kelik Sumrahadi SSos MM (saksi), Bupati Wonosobo yang diwakili Wakil Bupati Agus Subagio, dan penghrajin.

“Pengraji gula kelapa yang sudah bergabung dalam koperasi sudah mencapai 709 anggota. Mereka sudah melakukan sertifikasi yang terdaftar melalui seleksi administrasi maupun seleksi dari control union Eropa,” kata Sri Susilowati, Selasa (23/8).

Sedang 400 pengrajin yang baru menandatangani kerjasama, akan mendapatkan berbagai pelatihan untuk sertifikasi.

Koperasi juga memberikan santunan kepada pengrajin gula yang mengalami kecelakaan kerja, masing-masing Muh Khotib warga Dusun Sarwodadi Desa Gadingrejo dan Sananto warga Desa Ngasinan Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo mendapat santunan sebesar Rp 5 juta karena meninggal dunia. Sedang Latif warga Dusun Gamblok Desa Gadingrejo yang mengalami patah kaki mendapat santunan Rp 3 juta.

“Santunan murni dari koperasi,” tandas Sri Susilowati. (Nar)

 

BERITA REKOMENDASI