Kedepankan Prioritas, Jalan Jembatan Rusak Ditangani 2019

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo tetap mengedepankan skala prioritas dalam pembangunan daerah. Pemerintah tetap mengalokasikan anggaran untuk memperbaiki infrastruktur rusak namun memiliki fungsi penting dalam tahun anggaran 2019.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Purworejo Suranto mengatakan, pemerintah mengalokasikan anggaran cukup besar untuk infrastruktur jalan, jembatan dan irigasi. "Tahun 2019, untuk jalan dan jembatan dalam APBD ada Rp 94 miliar, sedangkan sumberdaya air, dalam hal ini irigasi dianggarkan Rp 7,5 miliar," ujarnya kepada KRJOGJA.com, Selasa (04/12/2018).

Menurutnya, anggaran pemeliharaan termasuk menyasar beberapa infrastruktur yang kena bencana namun belum tertangani. Pemerintah berencana memperbaiki Jembatan Trirenggo di Dusun Caok Desa Karangrejo Kecamatan Loano.

Jembatan itu rusak berat akibat diterjang banjir bandang tahun 2016. "Sudah masuk rencana tahun 2019. Selain itu ada jalan Kaliharjo – Somongari di Kaligesing yang rusak akibat longsor, rencananya juga kami tangani," terangnya.

Sementara itu, Kabag Humas Setda Purworejo Agus Ari Setiyadi mengemukakan, pemerintah bertekad akan melaksanakan pembangunan secara seimbang. Pemkap berencana membangun Heroes Park dan Gedung Wanitam namun tidak mengesampingkan infrastruktur penting lainnya. "Baik infrastruktur untuk wisata dan aksesibilitas warga, semuanya mendapat alokasi tahun 2019," tuturnya.

Terkait Heroes Park, lanjutnya, pemerintah ingin memeratakan pembangunan tidak hanya di kawasan perkotaan saja. Heroes Park akan dibangun di Bumi Perkemahan (Bumper) Arga Putra atau Bumper Punthuk di Kelurahan Kedungsari Kecamatan Purworejo.

Pemerintah akan memajang beberapa patung pahlawan asal Purworejo kawasan yang akan disulap menjadi taman itu. Menurutnya, infrastruktur wisata edukasi itu akan memacu pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut. "Pemerintah menghitung ada banyak manfaat dari pembangunan itu, yang jelas perekonomian akan bergeliat," tandasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI