Kegiatan Reses untuk Kampanye, Bawaslu Semprit 2 Caleg

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Dua orang calon anggota legislatif (caleg) untuk DPRD Kabupaten Purworejo dan DPR RI akhirnya ditegur Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) karena memanfaatkan kegiatan reses untuk kampanye. Mengingat kegiatan reses merupakan kewajiban setiap anggota legislatif dengan menggunakan anggaran negara. Sedang kegiatan kampanye dilarang menggunakan anggaran negara.

 

“Kegiatan reses itu dilakukan di Desa Keburusan Kecamatan Pituruh Purworejo dan dihadiri warga sekitar. Kegiatan itu dimanfaatkan yang bersangkutan untuk kampanye dengan menghadirkan caleg DPR RI Dapil VI Indrawati Sukadis,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Purworejo  Nur Kholiq, Kamis (8/11).

Dijelaskan, karena melakukan pelanggaran maka H Rujiyanto SAg MM anggota DPRD Purworejo yang kini juga maju lagi untuk caleg melalui Pemilu 2019 dari daerah pemilihan (Dapil) 5 yang meliputi wilayah Kecamatan Pituruh, Kemiri dan Bruno, maka yang bersangkutan mendapatkan teguran tertulis dari Bawaslu. “Kegiatan reses ini dibiayai uang negara. Maka pejabat dilarang memanfaatkannya untuk kegiatan kampanye,” jelasnya.

Menurut Nur Kholiq, memanfaatkan kegiatan reses untuk kampanye merupakan pelanggaran administrasi Pemilu. Pada Pasal 304 ayat (1) Undang Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum disebutkan bahwa dalam melaksanakan kampanye, Presiden dan Wakil Presiden, pejabat negara, pejabat daerah dilarang menggunakan fasilitas negara. Hal ini dipertegas dengan ayat (2) huruf d bahwa fasilitas negara yang dimaksud itu berupa fasilitas lainnya yang dibiayai oleh APBN maupun APBD. (Nar)

 

 

BERITA REKOMENDASI