Kehadiran Bandara NYIA, Purworejo Jangan Menjadi Penonton

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Hadirnya Bandar Udara (Bandara) New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulonprogo DIY bakal menjanjikan peluang besar bagi Kabupaten Purworejo. Mengingat wilayah ini merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Kulonprogo, sehingga berbagai potensi sangat mungkin dikembangkan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

“Tapi jika Purworejo tidak mampu menangkap peluang ini, maka ke depan hanya akan menjadi penonton,” kata Ketua Komisi B DPRD Purworejo Dion Agasi, Sabtu (24/02/2018).

Pembangunan Bandara ini menurut Dion Agasi, memberikan harapan besar bagi Purworejo. Sekaligus memancing pembangunan di wilayah ini agar bangkit. “Purworejo harus segera berbenah, menata lingkungan yang menjadi penyangga utama seperti pembangunan pariwisata dan akses jalan,” tandasnya.

Pembangunan pariwisata sebagai penyangga Bandara harus diutamakan di wilayah selatan yang berdekatan dengan lokasi Bandara seperti Pantai Jatimalang di Kecamatan Purwodadi dan sekitaranya. “Pembangunan pariwisata ini akan memicu pertumbuhan ekonomi penduduk sekitar, asal ditata dengan baik,” tandasnya.

Masyarakat lanjut Dion Agasi, jangan hanya menjadi subjek penonton, namun harus dilibatkan secara langsung sehingga mampu menumbuhkan kantung-lantung ekonomi baru di masyarakat. “Masyarakat di wilayah ini harus dilibatkan secara langung dalam pengembangan pariwisata,” tegasnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI