Kejar Corona, Pemkab Magelang Gencarkan Swab

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, hingga Selasa (6/10/2020) telah melaksanakan 8988 swab masif. Dari sebanyak itu, ditemukan 70 orang yang terkonfirmasi positif. Beberapa diantaranya, dirawat dirumah sakit dan mayoritas menjalani isolasi mandiri.

“Program swab masif, masih terus dilakukan. Target sasaran prioritasnya tetap kepada hasil traking kontak erat pasien baru selama 14 hari. Kemudian kelompok rentan seperti ibu hamil, lansia dan kelompok komorbid atau warga yang memiliki penyakit penyerta. Tujuannya memang untuk menemukan pasien-pasien terkonfirmasi positif yang selama ini ada, tapi tersembunyi,” kata Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.

Sementara pada saat ini, terdapat enam tambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Tiga diantaranya dari Bandongan, dua dari Windusari dan satu orang dari Ngluwar. “Dengan tambahan enam orang itu, jumlah kumulatif pasien positif ada 645 orang. Rinciannya, 38 dirawat dirumah sakit, 145 menjalani isolasi mandiri, 454 sembuh dan 16 meninggal,” lanjutnya.

Sementara peta sebaran pasien positif diwilayah ini, lanjut Nanda, saat ini ada 19 dari 21 kecamatan yang warganya telah terpapar Covid-19. Paling banyak Kecamatan Mertoyudan dengan 31 orang. Kemudian Kecamatan Salam, Tempuran dan Tegalrejo, dengan 18, 17 dan 16 orang. “Untuk Kecamatan Secang dan Bandongan, masing-masing ada 12 orang. Selanjutnya, di Salaman ada 11 orang serta di Mungkid dan Grabag, ada 10 orang. Untuk Kecamatan Muntilan, Candimulyo, Borobudur, Windusari dan Sawangan, ada 8, 7, 6, 5 dan empat orang. Sementara di Ngluwar dan Kajoran, ada tiga dan dua orang. Sedang di Kaliangkrik, Dukun dan Pakis, masing-masing ada satu orang,” sebutnya.

BERITA REKOMENDASI