Kejari Purwokerto Selamatkan Aset ke PT KAI Senilai Rp 3,8 M

Editor: Ivan Aditya

PURWOKERTO, KRJOGJA.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Purwokerto, Senin (13/09/2021) menyerahkan pengembalian aset dari keluarga tersangka pengalihan aset, almarhum LB kepada PT KAI Daop 5 Purwokerto senilai Rp 3.864.823.299, beserta lima sertifikat Halal Guna Bangunan (HGB) dan Hak Guna Pengelolaan (HPL) rumah toko yang berlokasi di Jalan Jenderal Soedirman Purwokerto. Penyerahan aset milik PT KAI Daop 5 dilakukan oleh Kepala Kejari (Kajari ) Purwokerto Sunarwan kepada Kepala Daop 5 Purwokerto Joko Widagdo, di aula setempat.

Kajari Purwokerto, Sunarwan, menjelaskan sebelumnya tim penyidik tindak pidana korupsi Kejari Purwokerto melakukan penyidikan kasus dugaan korupsi pengalihan aset milik PT KAI Daop 5. Saat penyidik menetapkan tersangka LB dari pihak swasta, warga Kudus Jawa Tengah, yang bersangkutan meninggal karena sakit di rumahnya. “Namun dari pihak keluarga tersangka beritikad baik dengan mengembalikan aset kepada PT KAI Daop 5 melalui Kejari Purwokerto,” kata Sunarwan.

Kepala Daop 5 Purwokerto Joko Widagdo mengucapkan terimakasih kepada Kejari Purwokerto. Karena PT KAI Daop 5 kembali mendapatkan sertifikat HGB di atas HPL Nomor. 23, 24, 25 Tahun 2006 berikut penitipan uang uang aset.

“Penitipan uang dan sertifkat tersebut merupakan pengembalian kerugian keuangan negara yakni PT KAI (Persero) dari ahli waris tersangka LB. Dalam permasalahan ini PT KAI telah menjadi korban karena tidak mendapatkan hak yang semestinya sejak tahun 2012,” terang Joko. (Dri)

BERITA REKOMENDASI