Kelompok Rentan Temanggung Mulai Dapat Vaksinasi Covid-19

Editor: KRjogja/Gus

TEMANGGUNG, KRJogja.com – Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Temanggung mulai menyasar kelompok rentan. Setidaknya 60 penyandang disabilitas di Balai Besar Kartini mendapat vaksinasi Covid-19 tahap pertama, Kamis (10/6) . Vaksinasi tahap kedua terjadwal dua minggu kedepan.

Pekerja Sosial Balai Besar Kartini, Wiwit Setiowati mengatakan vaksinasi Covid-19 sudah atas persetujuan dari orang tua penerima manfaat. Tanpa persetujuan, anaknya tidak akan divaksin. ” Kami juga berkonsultasi tentang riwayat kesehatan,” kata Wiwit Setiowati, disela vaksinasi di aula balai tersebut.

Dikatakan pekerja sosial di Balai Besar Kartini juga memberi edukasi pada orang tua akan pentingnya mendapatkan vaksinasi, sebab mereka termasuk kelompok rentan.

Sebelum divaksinasi, kata dia, penerima manfaat mendapatkan motivasi dari psikolog agar tidak takut mendapatkan vaksin, sebab mereka umumnya takut pada jarum suntik. ” Setelah divaksin, mereka tetap harus jalani prokes ketat, karena mereka kelompok rentan,” kata dia.

Kepala Puskesmas Dharmorini, dr Anis Mustaghfirin mengatakan ada perlakuan istimewa diberlakukan pada penyandang disabilitas saat vaksinasi, diantaranya harus dimotivasi. ” Mereka butuh perhatian ekstra, mereka harus dimotiasi beberapa kali,” kata dia.

BERITA REKOMENDASI