Keluarga Miskin di Purworejo Jadikan Kandang Kambing Sebagai Rumah

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Kemiskinan mendera keluarga Jumaryanto (40) dan istrinya Siti Romlah (30) warga Dusun Sibentar RT 02/RW 03 Desa Tlogoguwo Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo. Suami istri dengan satu orang anak yang masih kecil ini terpaksa tinggal di kandang kambing.

“Terpaksa kami tinggal bersama kambing karena tidak memiliki tempat tinggal,” kata Jumaryanto, Rabu (28/02/2018).

Menurutnya, tinggal bersama satu ekor kambing ini sudah dijalaninya sejak ekitar  delapan bulan lalu.  Sebelumnya, keluarga muda ini tinggal satu rumah bersama orang tuanya, Ny Martinem (62) di desa setempat. Namun karena persoalan keluarga hubungan mereka menjadi kurang harmonis dan berujung pada pengusiran Jumaryanto dan keluarganya.

“Sebenarnya hanya karena persoalan keluarga saja, akhirnya kami diusir oleh ibu saya, karena tidak punya rumah terpaksa kami bersama istri dan anak tinggal di kandang kambing ini," keluh Jumaryanto.

Dalam kesehatiannya, Jumaryanto bekerja sebagai buruh serabutan. “Jika ada tetangga yang membutuhkan tenaga saya kerja, tapi kalau tidak yang tidak bekerja,” katanya.

Hidup di kandang kambing tentu dengan berbagai keterbatasan, tidak ada MCK, dan bahkan tidak ada penerangan sehingga jika malam tiba sangat gelap. Untuk berbagai aktifitas, selain numpang di rumah tetangga, juga di kandang ini termasuk untuk memasak dan lainnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI