Kelurahan Di Magelang Terapkan ‘Simkel’

MAGELANG, KRJOGJA.com – Guna meningkatkan kualitas pelayanan publik bidang administrasi kependudukan, Pemerintah Kota Magelang melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) melakukan inovasi dalam melayani masyarakat. Inovasi tersebut untuk memudahkan dalam pendataan penduduk kedepannya.

"Saat ini sudah menggunakan Sistem Informasi Manajemen Kelurahan (Simkel) untuk kelurahan se Kota Magelang, dan direncanakan pada tahun 2018 akan menerapkan aplikasi khusus yang terintegrasi secara penuh dari kelurahan, kecamatan sampai Disdukcapil Kota Magelang,” kata  Kepala Disdukcapil Kota Magelang Drs Hartoko di forum rapat koordinasi pengawasan atas penyelenggaraan administrasi kependudukan di Balai Kelurahan Jurangombo Selatan, Selasa (10/10/2017).

Kedepannya, kata Hartoko,terobosan akan terus dilakukan agar pelayanan publik dalam bidang administrasi kependudukan menjadi lebih mudah, cepat dan dapat memuaskan. Aplikasi ini akan banyak manfaatnya, baik untuk Pemkot Magelang maupun bagi masyarakat.

"Aplikasi ini memudahkan masyarakat dalam pengurusan data kependudukan, meminimalisir kesalahatan data serta mendukung Magelang sebagai kota cerdas yang tahun 2018 diharapkan 70 persen pelayanan di Kota Magelang sudah menggunakan E-Government. Nantinya setiap berkas yang dihasilkan oleh aplikasi ini akan diberi barcode, sehingga memudahkan pengecekan data penduduk," kata Hartoko.

Dia menambahkan berbagai program pun sudah dijalankan Disdukcapil dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik, antara lain jemputbola perekaman data di sekolah, jemputbola perekaman ke rumah warga untuk kaum difabel, pengiriman surat ucapan ulang tahun dan pemberitahuan bagi warga berusia 17 tahun dari Walikota Magelang untuk segera membuat KTP, jemputbola pelayanan pendataan akta kelahiran dan kematian di Kelurahan. (Tha)

BERITA REKOMENDASI