Kemasannya Dirombak Total, Festival Luk Ulo Muncul Lagi

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Setelah vakum di tahun 2017 dan 2018 lalu akibat terkendala isu keberadaan buaya di perairan Sungai Luk Ulo, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen akhirnya memunculkan lagi Festival Luk Ulo di tahun 2019. 

Namun, festival yang akan dimulai 20 April 2019 itu sengaja dirombak total kemasannya demi menghilangkan stigma negatip tentang perairan Sungai Luk Ulo yang diduga kuat masih didiami oleh seekor buaya dewasa.

"Bila Festival Luk Ulo pertama di tahun 2016 lalu dilakukan dengan arak-arakan perahu hias di perairan Sungai Luk Ulo, maka Festival Luk Ulo 2019 kegiatannya akan didominasi penampilan seni dan budaya lokal Kebumen yang seluruhnya berlokasi di daratan," ungkap Kabid Pemasaran Dinas Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata (Disporawisata) Kebumen, Unggul Winarti SH, di ruang kerjanya, Rabu (10/04/2019).

Kendati berlokasi di darat namun festival itu sengaja menggunakan nama Luk Ulo yang dinilai sebagai salah satu ikon Kebumen.

"Kami ingin agar Luk Ulo diidentikkan dengan Kebumen, bukan semata-mata sebuah sungai. Jadi, bila disebut nama Luk Ulo maka orang akan langsung terpikir tentang sebuah daerah bernama Kebumen dengan keragaman potensi wisata dan budaya lokal. Begitulah konotasi Luk Ulo di dalam nama kegiatan ini," papar Unggul.

Adapun agenda Festival Luk Ulo 2019 diawali dengan pembukaan di Alun Alun Kebumen yang dilanjutkan dengan pagelaran aneka seni lokal Kebumen di obyek wisata Bukit Pentulu Indah Desa/Kecamatan Karangsambung Kebumen, pada 20 April 2019. Diantaranya, tari cepetan, menoreng, siter dan rebab. Juga, dihadirkan bintang tamu maestro campur sari, Didi Kempot. 

Dilanjutkan dengan kerja bakti masal di bantaran Sungai Luk Ulo Desa Kutosari, Kebumen pada 26 April 2019 pagi. Sruput Kopi Kebumen dilaksanakan 27 April 2019 malam di Alun Alun Kebumen, diantaranya dengan menyuguhkan gratis 500 cangkir kopi yang diracik para barista Kebumen.

Sedangkan sarapan nasi penggel secara massal digelar 28 April 2019 pagi di Alun Alun Kebumen dengan menyuguhkan gratis 1.000 piring nasi penggel.(Dwi)

BERITA REKOMENDASI