Kemdikbud Siapkan Situs Liangan Jadi Cagar Budaya

TEMANGGUNG (KRjogja.com) – Pemerintah punya rencana untuk menjadikan Situs Liangan sebagai cagar budaya nasional sehingga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saat ini sedang dilakukan kajian mendalam.

" Kajian ini penting sebagai dasar untuk cagar budaya, diharapkan bupati dapat menetapkan situs Liangan sebagai cagar budaya nasional," kata Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Harry Winarto, Senin (28/11/2016).

Harry mengatakan itu pada diskusi master plan untuk perlindungan, pengembangan dan pemanfaatan situs Liangan di Desa Purbosari Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung. Diskusi diikuti Pemerintah dan masyarakat.

Diskusi masterplan meliputi  pemeliharaan dan perlindungam yang telah dilakukan, isu-isu strategis, konsep pelestarian, visi dan misi pelestarian, delineasi zonasi dan gusdelines pelestarian, arah kebijakan strategi dan indikasi program pelestarian.

Harry mengatakan pada 2017 pemerintah mentargetkan situs Liangan masuk dalam database di Unesco, namun yang pasti situs Liangan dijadikan labolatorium alam yang akan dapat dimanfaatkan oleh semua pihak. (Osy)

BERITA REKOMENDASI