Kemendag Salurkan 77 Gerobak untuk PKL Purworejo

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI menyalurkan bantuan 77 gerobak untuk pelaku pedagang kaki lima (PKL) di Kabupaten Purworejo. Pemerintah ingin mengubah anggapan PKL yang dikesankan kumuh menjadi pedagang yang higienis.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Drs Suhanto MM menyerahkan bantuan tersebut didampingi Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, kepada puluhan PKL di pendopo Kantor Bupati Purworejo, Kamis (31/10) siang. Puluhan PKL antusias dengan bantuan tersebut.

Drs Suhanto MM mengatakan, bantuan tersebut adalah cara pemerintah untuk mengentaskan pelaku UKM agar semakin sejahtera. "Kami mendapat tiga tugas utama dari Presiden, yakni stabilisasi harga, revitalisasi pasar rakyat dan mengentaskan UKM. Bantuan gerobak salah satu implementasinya," tuturnya menjawab pertanyaan KRJOGJA.com.

Menurutnya, bantuan merupakan tindak lanjut dari permohonan Bupati Purworejo. Dalam komunikasinya, bupati menyatakan butuhnya penataan PKL di Kabupaten Purworejo. Pemkab juga berencana membangun selter untuk PKL.

Kementerian, katanya, menyambut rencana penataan PKL itu dengan menyalurkan bantuan. Selain untuk Purworejo, bantuan sejenis disalurkan kepada pedagang di Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Pekalongan dan Kebumen. "Untuk daerah lain disesuaikan dengan kebutuhan. Harapan apabila PKL tempatnya bersih dan makanannya higienis, pendapatan mereka akan meningkat," paparnya.

PKL penarima bantuan, Ana Rohana mengatakan, bantuan gerobak sangat bermanfaat. Gerobak itu akan langsung digunakannya berjualan sate di Alun-alun Kutoarjo. "Saya sudah 23 tahun berjualan sate dan gerobaknya sudah jelek, bantuan ini akan langsung saya manfaatkan," tandasnya. (Jas)

 

 

BERITA REKOMENDASI