Kemendes Akan Bantu Desa Banyusari

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG (KRjogja.com) – Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi, akan membantu Desa Banyusari, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang dengan sejumlah alat untuk meningkatkan produktifitas masyarakatnya. Salah satunya dari sektor pertanian yang ditekuni mayoritas masyarakatnya.

“Hari ini kami datang bersama salah satu anggota DPR RI dari komisi V, bapak Sudjadi untuk mengidentifikasi dan berdialog dengan masyarakat, tentang hal apa saja yang dapat kami berikan. Harapan kami, apa yang nanti kami baerikan tepat sasaran dan tepat guna. Sehingga tidak mubasir,” kata Direktur Pendayagunaan, SDA dan Tekbologi Tepat Guna, Kementrian Desa, PDT dan Transmigrasi, Dr Suprapedi M.Eng, disela-sela dialog dengan warga Desa Banyusari, di kantor balai desa setempat, Jumat (02/03/2018).

Bantuan yang akan diberikan nanti, kata Suprapedi, adalah alat tepat guna yang diharapkan  meningkatkan produktifitas masyarakat. “Dari dialog tadi, masyarakat menyampaikan banyak sekali usulan. Diantaranya ada yang minta traktor, alat pemotong padi, motor roda tiga, mesin penggilingan padi hingga beberapa alat paska panen lainnya. Namun kami tegaskan, tidak semua yang diminta itu akan kami penuhi. Kami tentu akan melihat lagi mana yang lebih penting dan mendesak dibutuhkan warga,” jelasnya

Namun disampaikan pihaknya, jika bantuan yang akan diberikan nanti, akan diberikan melalui pemerintah desa. “Rencana, bantuan akan kami berikan tahun ini. Namun sebelumnya akan kami identifikasi dulu. Mana yang mendesak dan paling dibutuhkan masyarakat banyak. Yang jelas, bantuan nanti yang menggelola harus pemerintah desa atau bisa melalui BUMDes,” tegasnya.

Hal senada disampaikan Anggota Komisi V DPR RI, Ir Sudjadi. “Kedatangan kami kesini untuk mendengarkan aspirasi masyarakat. Sudang menjadi tanggung jawab saya untuk menyampaikannya kepada pemerintah. Karena itu, saya mengajak perwakilan kementrian desa, agar mereka bisa secara langsung mendengarkan harapan dan keinginan warga,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, hadir sekitar 50 tokoh masyarakat perwakilan dari 13 dusun di Desa Banyusari. Selain itu juga nampak anggota DPRD Kabupaten Magelang Mul Budi Santoso atau yang akrab dipanggil ‘Bodrex’, Camat Grabag dan perwakilan dari Dinas Permades Kabupaten Magelang. (Bag)

BERITA REKOMENDASI