Kemendikbudristek Gelar Bimtek Pengelolaan Lingkungan Belajar Berkualitas

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran yang strategis dalam pengembangan sumber daya manusia Indonesia. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Magelang, Azis Amin Mujahidin, saat membuka Bimtek Pengelolaan Lingkungan Belajar Berkualitas di Satuan PAUD Bagi Pusat Kegiatan Gugus, yang dilaksanakan di Ruang Ki Hajar Dewantara, Kantor Disdikbud, Selasa (21/09/2021).

Menurutnya, komitmen bersama untuk menjamin penyediaan layanan PAUD bagi seluruh anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun menjadi satu langkah dan upaya agar jasmani dan rohani mereka tumbuh dan berkembang secara optimal, oleh karena itu pembelajaran PAUD perlu dilakukan dengan kreatif, inovatif dan menyenangkan secara berkualitas.

“Pembelajaran pendidikan anak usia dini dapat dilakukan secara fleksibel, dimanapun, kapanpun dan dengan siapapun dengan didukung lingkungan belajar yang berkualitas yang merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran,” kata Azis.

Lingkungan belajar berkualitas diharapkan dapat mendorong hadirnya pembelajaran yang bermakna bagi perkembangan anak usia dini, selaras dengan tujuan Pendidikan Nasional seperti tertuang dalam UU No. 20 tahun 2003 Pasal 3 adalah berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Dukungan, partisipasi dan peran serta berbagai pihak sangatlah diperlukan dalam upaya mewujudkan lingkungan belajar berkualitas pada pendidikan anak usia dini. Lingkungan belajar berkualitas tidak hanya terbatas pada sarana prasarana yang tersedia, namun perlu memperhatikan juga beberapa hal, antara lain, kualitas lingkungan dan alat pembelajaran, interaksi guru dan anak, penerapan pembelajaran yang berpusat pada anak, keterlibatan keluarga dan masyarakat, kondisi lingkungan yang inklusif, pendekatan bermain dalam belajar, dan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan.

Untuk mewujudkan lingkungan belajar berkualitas tersebut, perlu dilakukan berbagai langkah strategis oleh pemangku kepentingan dan pihak-pihak terkait agar tercipta kondisi sesuai yang diharapkan. “Hari ini merupakan salah satu langkah dan kegiatan strategis dalam upaya mewujudkan lingkungan belajar berkualitas di satuan PAUD,” ujarnya.

Dalam bimtek ini juga dihadirkan perwakilan dari masing-masing pusat kegiatan gugus di tiap kecamatan untuk mendapatkan bimbingan teknis yang berkaitan dengan mewujudkan lingkungan belajar berkualitas di satuan PAUD.

Setelah kegiatan ini diharapkan perwakilan dari pusat kegiatan gugus ini dapat merencanakan tindak lanjut dengan menerapkan dan mengimbaskan ke satuan PAUD lainnya untuk mewujudkan lingkungan belajar berkualitas.

“Dengan adanya perhatian yang serius terhadap anak usia dini, akan berdampak positif pada karakter anak dimasa yang akan datang, sehingga kelak kita akan mempunyai pemimpin yang cerdas serta berbudi pekerti yang baik. Oleh karena itu, marilah kita semua bersama-sama bergerak dan memberikan kontribusi untuk masa depan anak-anak kita,” pungkasnya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI