Kemenhub Sebar 200 Unit Bus Sekolah

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Kementerian Perhubungan RI menyalurkan sebanyak 200 unit bus sepanjang 2019 pada lembaga pendidikan yang diantaranya pesantren, untuk sejumlah daerah di Indonesia. 

"Bantuan untuk  memudahkan mobilitas pelajar dan santri, baik dari rumah ke tempat belajar maupun untuk menunjang kegiatan pembelajaran," kata Direktut Angkutan Jalan, Kementerian Perhubungan RI, Ahmad Yani ditemui usai penyerahan bantuan mobil sekolah di pendopo Pengayoman Temanggung, Senin (16/12/2019)

Dia menyampaikan bantuan diberikan pada pesantren dan pemda, seperti ke Sulawesi Selatan, Papua dan Jawa Tengah. Di Jawa Tengah hari ini diserahkan pada sejumlah pesantren di Magelang, Temangung, Purworejo dan Wonosobo. "Hari ini kami serahkan 6 unit bus sekolah, diharapkan dimanfaatkan dengan baik," kata dia.

Dikatakan ponpes merupakan bagian dari lembaga pendidikan, yang harus dibantu dan selama ini santrinya ada kesulitan dalam transportasi. Keberadaan mobil sekolah diharapan mampu menaikan Sumber Daya Manusia.  

Bupati Temanggung Al Khadziq mengatakan trimakasih atas bantuan yang ada dan diharapkan kedepan bisa ada lagi dan lebih banyak.  Kebutuhan saat ini adalah mobil derek, skylift untuk perbaikan rambu  dan perluasan jalan di turunan rujak asem Bejen yang kembali menelan korban akibat kecelakaan.

"Di Temanggung perlu bus sekolah untuk mengangkut siswa dan santri karena telah banyaknya kendaraan pribadi," katanya, sembari berharap kendaraan tersebut dapat digunakan secara baik.

Anggota Komisi V DPRRI Sudjadi mengatakan pesantren membutuhkan mobil angkutan khusus yang menunjang mobilitas dalam kegiatan pembelajaran. " Bantuan dari pemerintah untuk menjembati, dan agar mereka mampu meningkatkan kualitas diri dan berprestasi," katanya. (Osy)

BERITA REKOMENDASI