Kemenkop dan UKM Perkuat KUMKM di Destinasi Pariwisata Magelang

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG KRJOGJA.com – Kementerian Koperasi dan UKM melakukan sejumlah kegiatan untuk meningkatkan daya saing pelaku KUMKM di destinasi pariwisata Kabupaten Magelang. Kegiatan tersebut antara lain, temu investasi UMKM, penguatan KUMKM berbasis teknologi dan sosialisasi IUMK.

Sinergitas Kegiatan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah Sektor Pariwisata di Kabupaten Magelang yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM tersebut dibuka oleh Asisten Deputi Pengembangan Investasi Usaha, Eviyanti Nasution mewakili Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Eddy Satriya, Kamis (27/8/2020).

“Kabupaten Magelang sebagai penggerak pariwisata dari tiga kota besar Jogja-Solo-Semarang atau biasa disingkat dengan Joglosemar, memiliki pelaku usaha yang kreatif. Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Magelang dalam lima tahun terakhir meningkat rata-rata 5,24%. Hal ini mengindikasikan bahwa telah terjadi perkembangan yang signifikan pada dunia usaha di Kabupaten Magelang, “demikian Eddy, dalam sambutannya yang dibacakan Eviyanti Nasution.

Dia mengemukakan, KUMKM menghadapi sejumlah masalah utama yang membuat sulit bersaing, yaitu permodalan usaha, pemasaran, pengetahuan, branding, administrasi keuangan dan legal. Oleh karenanya, temu investasi akan mendekatkan KUMKM kepada calon investor.

Salah satu alternatif pendanaan yang dapat dilakukan KUMKM ada melalui equity crowdfunding. “Equity crowdfunding sumber pendanaan melalui penggalangan dana untuk sebuah proyek atau usaha yang sedang dijalankan oleh UMKM. Biasa dilakukan melalui platform online. Sistem equity crowdfunding seperti membeli saham, jadi berbeda dengan sistem peer to peer lending yang hanya meminjamkan dana saja,” paparnya.

BERITA REKOMENDASI