Kemenpora Gelar Festival Lansia di Magelang

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG (KRJogja.com) – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI menyelenggarakan beberapa kegiatan dalam rangkaian peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas), yang jatuh pada 9 September, dan sekaligus menyambut Hari Lansia Sedunia tanggal 1 Oktober. Salah satu kegiatan diantaranya Festival Ramah Lansia (Age Friendly Festival) yang dilaksanakan di alun-alun Kota Magelang, Jumat (8/9/2017).

Acara Festival Ramah Lansia ini diselenggarakan Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus (Potlak) Kemenpora RI. Kegiatan ini sekaligus untuk lebih menyuburkan Gerakan Ayo Olahraga kepada masyarakat yang ditujukan untuk pra-lansia dan lansia.

Kegiatan ini dibuka Walikota Magelang Ir H Sigit Widyonindito MT dengan memukul gendang beberapa kali, didampingi Asdep Potlak Kemenpora RI dr Bayu Rahadian SpKJ maupun lainnya di atas panggung utama. Dalam kegiatan ini ribuan peserta, termasuk lansia, dari berbagai daerah bertanding dalam perlombaan dan berbagai senam. Sebelum kegiatan, para peserta melakukan pemanasan dengan Olahraga Hidup Baru (Orhiba). 

Diharapkan acara ramah lansia ini menjadi ciri khas dari Asdep POTLAK Kemenpora yang dapat disosialisasikan pada peringatan Hari Lansia Sedunia setiap tahun. "Mengingat lansia juga sebagai aset bangsa yang tidak boleh dilupakan," kata dr Bayu.

Penelitian menyebutkan bahwa gaya hidup santai yang dijalani sebagian lansia justru dapat meningkatkan resiko penyakit, pikun dan kematian. Olahraga bagi lansia, selain juga dapat meningkatkan kebugaran dan kegembiraan, bisa memperlambat proses penuaan, osteoporosis dan mencegah timbulnya berbagai rasa malas.

Ketua Umum Yayasan Orhiba Indonesia Widya Mukti menambahkan olahraga tidak harus membutuhkan waktu dan tenaga besar. Dewasa ini banyak olahraga yang ringan dan efektif sehingga bisa dijalankan para lansia. 
"Senam Orhiba merupakan olah raga praktis yang bisa dilakukan siapa saja, kapan saja, dan di mana saja,” kata Widya saat berpartisipasi di ajang ini. (Tha)

 

BERITA REKOMENDASI