Kementerian Kelautan dan Perikanan Gelar Bulan Mutu Karantina

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Stasiun Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Hasil Perikanan (SKIPM) Yogyakarta menyelenggarakan Bulan Mutu Karantina (BMK) tahun 2022 yang dilaksanakan kawasan kaki Gunung Merbabu Kabupaten Magelang, tepatnya di Balai Desa Jati Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang, Sabtu (18/06/2022).

Dalam rangkaian kegiatan ini dilaksanakan pemberangkatan kendaraan distribusi alat peraga ikan sehat dan bermutu oleh Teguh Samudro dan Vita Ervina dengan bersama-sama mengibarkan bendera start. Kepala Stasiun KIPM Yogyakarta, Edi Santoso SPi MSi mengatakan paket produk perikanan sehat bermutu ini menggunakan hasil ikan olahan guna mendorong berkembangnya kewirausahaan perikanan, industri kecil menengah (IKM), usaha mikro, kecil, menengah dan koperasi.

“Paket produk perikanan sehat bermutu sebanyak 500 paket, dibagikan ke 5 desa di 5 kecamatan di Kabupaten Magelang,” katanya.

Komponen bantuan terdiri dari Shumai Ikan 250gr, Tahu Tuna 400gr, Otak-otak Ikan 1 Kg, Fish Roll 250gr dan Bakso Ikan 200gr. Rangkaian kegiatan juga diisi dengan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya konsumsi ikan sehat bermutu yang merupakan bagian dari pemenuhan kebutuhan protein kepada masyarakat untuk mendukung implementasi Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Tegu Samudro diantaranya mengatakan biasanya operasional yang dilakukan di bandar udara (bandara) atau pelabuhan, memberikan pelayanan ikan-ikan yang akan diekspor maupun diimpor. Dalam kegiatan Bulan Mutu Karantina (BMT) yang dilaksanakan 3 bulan di seluruh Indonesia, mulai pertengahan Bulan April lalu, dilaksanakan kegiatan bakti sosial, seperti yang dilaksanakan di Desa Jati Kecamatan Sawangan Magelang ini.

Selain itu, lanjut Teguh Samudro, juga ada bakti lingkungan, juga ada peringatan Pekan Pelayanan Publik dalam rangka memperingati Hari Pelayanan Publik Internasional 23 Juni 2022 mendatang. Kegiatan ini, terutama untuk bakti sosial, tujuannya agar lebih mendekat ke masyarakat sambil dilakukan sosialisasi.

Berkaitan dengan kegiatan ini, Vita Ervina mendukung penuh kegiatan BKIPM Peduli Sosial yang merupakan rangkaian “Bulan Mutu Karantina 2022”. Dengan pembagian paket produk perikanan sehat bermutu dari BKIPM diharapkan masyarakat dapat memenuhi kebutuhan protein hewani asal ikan yang kaya akan omega 3, juga mencegah stunting. (Tha)

BERITA REKOMENDASI