Kementerian Pertanian Dorong Temanggung Menjadi Kawasan Super Prioritas Pertanian

Editor: Agus Sigit

TEMANGGUNG , KRjogja.com – Kementerian Pertanian mendorong Kabupaten Temanggung menjadi wilayah super prioritas pertanian di Pulau Jawa dengan menanam komoditas strategis berbasis terpadu hortikultura, seperticCabai, bawang merah bawang putih dan kentang.

“Kawasan tersebut nantinya sebagai penopang utama kebutuhan kota-kota besar di Indonesia, utamanya di Pulau Jawa dan juga untuk ekspor,” kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Jumat (15/10/2021)

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo datang ke Temanggung untuk melihat kesiapan lahan pertanian di lereng Gunung Sindoro Desa Bansari Kecamatan Bansari sebagai super prioritas pertanian dengan jenis ‘food estate’.

Lahan tersebut rencana akan dikunjungi Presiden RI Joko Widodo. Lahan tersebut saat ini masih 10 hektare dan akan dikembangan menjadi 300 hektare. Pengairan lahan tersebut dari embung Bansari. Embung selain dari penangkapan hujan, rencana akan dipasok dari sejumlah sumber air di atasnya yang berada di lereng gunung Sindoro.

Yasin Limpo mengatakan jika food estate di Temanggung berhasil akan menjadikan contoh yang bisa diikuti oleh kabupaten lain di seluruh Indonesia. Sebab hasil komoditas dengan food estate bisa lebih dari dua kali lipat dibanding yang berjalan selama ini.

Dia mengatakan ada sejumlah faktor yang diperhatikan pada food estate yakni konsep jelas, mempunyai kelembagaan, jelas komoditas dan pembelinya atau market, serta pengairan menggunakan sistem yang modern.

” Syarat lain ada mekanisasi-mekanisasi yang dilakukan. Presiden mendorong hadirnya perbankan untuk menyalurkan KUR, mengintervensi permodalan,” kata dia.

Dikatakan berkait kelembagaan bupati yang akan mengurus dengan baik, antara lain pengelompokkan petani. Kelompok petani harus kuat sehingga bisa dilihat dalam kelompok itu seperti apa kekuatan mengorganisasi sehingga skala ekonominya bisa diatur.

“Kalau semua berjalan, kita berharap 300 hektare itu bisa diperluas. Akhirnya dapat menghadirkan komoditi untuk tanaman pangan dan kepentingan ekspor,” kata dia.

BERITA REKOMENDASI