Kementerian PUPR Bangun Rusun untuk Santri Ponpes di Temanggung

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat membangun sedikitnya 16 rumah susun di Jawa Tengah pada 2020. Rusun tersebut diantaranya diperuntukkan masyarakat berpenghasilan rendah dan santri.

“Dana yang dianggarkan untuk masing-masing rusun berbeda. Untuk rusun santri seperti di rusun santri Karang Santri Bandunggede Temanggung sekitar Rp 3 miliar,” kata Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa Tiga, Mochamad Mulia Permana, ditemui saat peletakkan batu pertama rusun asrama pondok pesantren Karang Santri di Bandunggede Kedu Temanggung, Jumat (2/10/2020).

Dia mengatakan tipologi rusun untuk santri adalah tipologi barak. Tipe ini sesuai dengan ponpes dan merupakan ciri khas ponpes. Rusun untuk santri berlantai dua dengan 84 kamar dan waktu pengerjaan 206 hari kerja.

Di Temanggung, kata dia rusun santri sudah ada tiga dan dengan dibangunnya di Bandunggede sehingga menjadi empat. Sedangkan rusun untuk masyarakat berpenghasilan rendah telah ada setidaknya lima. Keberadaan rusun sebagai keberpihakkan pemerintah dalam penyediaan pemukiman dan asrama yang layak dan nyaman.

“Rusun santri ini, membuktikan keberpihakkan dan dukungan pemerintah di dunia pendidikan khususnya di pesantren,” kata dia.

BERITA REKOMENDASI