Kemiskinan dan Pariwisata Jadi Prioritas Pembangunan Purworejo

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pengentasan kemiskinan dan dunia pariwisata menjadi prioritas dalam rencana pembangunan Kabupaten Purworejo tahun 2020. Pariwisata menjadi target seiring dengan hadirnya Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kolonprogo. Namun kemiskinan juga harus terentaskan dari berbagai kegiatan ekonomi kerakyatan.

“NYIA menjadi pemicu tumbuhnya kawasan aerotropols di Jawa Tengah bagian selatan, disamping kawasan Badan Otorita Borobudur yang menjadi salah satu destinasi wisata baru dengan konsep nomadic tourisme,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Purworejo Drs H Pram Prasetyo Achmad MM, Kamis (28/3).

Dalam penutupan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020 di pendapa rumah dinas Purworejo, Pram Prasetyo Achmad menandaskan bahwa kehadiran bandara baru di Kecamatan Temon Kabupaten Kulonprogo yang berbatasan langsung dengan Purworejo, menjadi peluang besar bagi Purworejo untuk memacu pertumbuhan ekonomi.

“Hadirnya bandara ini akan membawa konsekwensi positif bagi pengembangan usaha di Purworejo. Terutama di sektor pariwisata,” katanya.

Dari kegiatan ini, Kecamatan Bayang terpilih sebagai penyelenggara yang terbaik, menyusul Kecamatan Banyuurip, dan Kecamatan Butuh. Sedang untuk kinerja perencanaan perangkat daerah terbaik diraih Dinas Lingkungan Hidup, menyusul Infpektoral, dan RSUD Tjitrowardojo.(Nar)

BERITA REKOMENDASI