Kenshi Shorinji Kempo Mulai Rambah Sekolah di Purworejo

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Kenshi shorinji kempo kini mulai merambah sejumlah sekolah di Kabupaten Purworejo. Mulai dari tingkat SD hingga SLTA. Kondisi ini menunjukkan bahwa cabang olahraga (Cabor) bela diri ini mulai digemari anak-anak muda.

“Beberapa sekolah di Purworejo kini sudah memiliki kenshi Shorinji Kempo,” kata Ketua Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (PERKEMI) Purworejo Sumanto Bc HK, SIP, Rabu (18/11/2020).

Diakui, perjalanan Cabor ini sejak tahun 1989 sempat mengalami pasang surut. Namun beberapa prestasi dari Shorinji Kempo juga telah mewarnai perkembangan olahraga di Kabupaten Purworejo baik ditingkat lokal, regional, maupun nasional.

Disela-sela pembukaan RAPERKAB PERKEMI Purworejo Sumanto menjelaskan bahwa kenshi Shorinji Kempo sudah ada di sejumlah sekolah, diantaranya SD Pengalasan Purwodadi, SD Kristen Pangen, SMP Negeri 1 Purworejo, SMP Negeri 4 Purworejo, SMP Negeri 6 Purworejo, SMP Widodo, juga dari SMA Negeri 1 Purworejo, SMA Negeri 3 Purworejo, dan SMA Negeri 6 Purworejo. RAPERKAB dilaksanakan secara terbatas di Aula SD Kristen Pangen.

Menjelang pelaksaan POPDA yang sempat tertunda dikarenakan adanya pandemi Covid 19 Sumanto mengaku ingin adanya dukungan dan kerjasama dari KONI dan pihak sekolah dalam perkembangan Shorinji Kempo di Purworejo.

“Sekarang sudah diperbolehkan berlatih kembali, Pengkab PERKEMI Purworejo kembali mempersiapkan kenshi untuk berlaga dalam kejuaraan POPDA Jawa Tengah tahun 2021,” tandasnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI