Kepala Desa Harus Mampu Hadirkan Nilai-nilai Pancasila

MAGELANG, KRJOGJA.com – Setiap desa harus punya perencanaan yang matang untuk mengukur rencana pembangunan jangka menengah desa (RPJMDes)-nya berhasil apa tidak. Selain itu juga harus punya masterplan. Sekarang fungsi desa sama dengan pemerintah kabupaten dan provinsi.

Hal ini disampaikan, Anggota Komisi V DPR RI Ir H Sudjadi, dalam acara Sosialisasi Empat Pilar Leadership Kepala Desa dalam Implementasi Nilai-nilai Pancasila, di Hotel Artos Magelang, Sabtu (20/3/2021) kemarin.

Anggota Fraksi PDI-P DPR RI itu selebihnya mengatakan, di Kabupaten Magelang ada 46 desa yang dinilai berprestasi baik. Mereka itu tersebar di Kecamatan Candimulyo, Dukun, Kajoran, Mertoyudan, Muntilan, Ngablak, Ngluwar, Pakis, Salam, Salaman, Srumbung dan Windusari.

Dalam acara yang juga dihadiri Direktur PSD, Ditjen PDP Kemendes PDTT Bito Wikantosa, serta mantan Bupati Magelang dan Temanggung, KH Hasyim Afandi itu, Sudjadi menegaskan setiap kepala desa memiliki program kerja. Salah satunya proyek pembangunan dari pemerintah pusat. Namun jika tidak bisa memanfaatkan dengan baik, itu percuma.

“Kalau seperti itu tidak layak sebagai kades. Type kepala desa seperti itu masuk kantor lebih dari pukul 10 juga tidak masalah. Tidak kerja tidak masalah. Kami minta kades menunjukkan manfaatnya kepada masyarakat. Rakyat perlu diberi penjelasan,” harapnya.

BERITA REKOMENDASI