Keraton Agung Sejagat Jadi Obwis Dadakan di Purworejo

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Bangunan 'istana' milik Keraton Agung Sejagat di Desa Pogung Juru Tengah Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo menjadi objek wisata dadakan. Ratusan warga Purworejo dan sekitarnya berkunjung ke keraton yang bangunannya belum selesai sempurna itu.
 
Warga mulai mengunjungi keraton sejak Minggu (12/1), dan semakin ramai pada Senin dan Selasa. "Sengaja datang ke sini untuk melihat keraton, saya penasaran dengan bangunan yang katanya keraton," kata warga Ngombol, Joko, kepada KRJOGJA.com, Selasa (14/1).
 
Warga masuk kompleks keraton lewat pintu belakang. Mereka melihat bangunan belakang, calon pendopo dan kolam pemandian. Namun, mereka tidak boleh masuk bangunan utama. Pintu dijaga sejumlah punggawa. 
 
Baca Juga : 
 
Warga Pogung Juru Tengah Puji Rahayu mengatakan, pengunjung semakin ramai pada sore hingga malam hari. "Mereka tidak hanya dari Pogung, tapi desa-desa lain di Purworejo, bahkan ada yang dari luar kota," ucapnya.
 
Keramaian iti menjadi peluang ekonomi bagi warga. Puji sendiri menjajakan es campir dan bakso. "Lumayan, esnya sudah laku terjual dua termos, tinggal baksonya ini," ujarnya.(Jas)
 

BERITA REKOMENDASI