Keraton Agung Sejagat Viralkan Nama Purworejo

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRJOGJA.com) Fenomena Keraton Agung Sejagat (KAS) yang dideklarasikan R Totok Santosa dan pengikutnya di Desa Pogung Juru Tengah, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo, turut memviralkan nama Purworejo. Publik yang selema ini jarang mendengar nama Purworejo, menjadi kenal dan tahu tentang kota kecil yang berada di barat Provinsi Yogyakarta itu.

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM mengemukakan, ada nilai positif yang didapat Purworejo sebagai imbas viralnya KAS. "Terlepas dari kontroversi dan dugaan pelanggaran hukum yang ditangani Polda Jateng, kami menilai ada sisi positifnya juga fenomena munculnya KAS di Purworejo," ungkapnya menjawab pertanyaan KRJOGJA.com, Sabtu (19/1).

Beberapa relasi bupati dan istri di berbagai daerah Indonesia, bahkan menyatakan penasaran dan ingin datang ke Purworejo. Tujuannya untuk melihat kompleks bangunan keraton itu. "Teman-teman istri saya dari Jakarta bilang mau datang ke Purworejo pakai tiga mobil Hiace

, mau lihat keraton. Terima kasih juga kepada teman-teman media yang sudah memviralkan Purworejo," ucapnya.

Bupati mengaitkan kegiatan yang dilakukan KAS dengan upaya 'nguri-uri' budaya. Ada beberapa hal, katanya, yang seharusnya bisa menjadi inspirasi masyarakat. Namun, lanjutnya, upaya itu harus disesuaikan dengan sejarah yang benar dan tidak menyimpang dari aturan negara.

Ia mencontohkan pakaian para peserta kirab yang dinilai megah dan bagus secara estetika. "Ini menarik sekali, lihat pakaiannya. Fenomena itu bisa menjadi inspirasi, asal yang yang negatif yang ditiru," tuturnya.

Menurutnya, tidak ada yang salah apabila Toto Santosa mendirikan 'keraton' do Kabupaten Purworejo.  Pemkab juga berencana menjadikan 'keraton' sebagai salah satu bahan destinasi budaya Kabupaten Purworejo. "Sebab Purworejo itu daerah yang kaya akan sejarah masa lalu, yakni sisa peninggalan Mataram Kuno. Maka tidak salah kalau konteksnya untuk melestarikan budaya, tetapi sepanang tidak bertentangan dengan hukum," tegasnya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI