Keren, Guru Honorer di Purworejo Ini Rilis Single

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sebagai guru, Kelik Putra Mandiri (30) sudah pasti piawai dalam memberikan materi pembelajaran untuk anak didiknya. Ia dikenal sebagai guru muda yang santun, sumringah, dan mudah akrab dengan anak didiknya, di kelas II SDN Maduretno, Desa Nampurejo, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo.

Tetapi, ternyata kemampuan Kelik tidak hanya soal merebut hati anak didik, untuk kemudian ‘diisi’ dengan berbagai ilmu dan wawasan. Guru berstatus honorer warga Desa Sidoharjo Kecamatan Purwodadi itu seorang seniman. Kelik adalah musisi yang juga punya mimpi untuk bisa mewarnai dunia musik Indonesia dengan karyanya.

Mimpi itu coba dibuktikan dengan merilis video klip single lagu berjudul Jadikanlah (Aku Raja) pada Maret 2021. Lewat lagi bergenre pop itu, Kelik ingin menunjukkan bahwa guru pun tetap bisa mengekspresikan diri di jalur seni. “Saya memang suka musik sejak kecil, lalu saat SMA, coba mengarang lagu dan bermusik di jalur solo,” ungkapnya kepada KRJOGJA.com, Rabu (17/03/2021).

Termasuk single lagu yang baru dirilis. Itu juga merupakan salah satu karyanya saat masih duduk di bangku SMA. Cukup lama ia menyimpan lagu tersebut, hingga akhirnya masuk dapur rekaman mulai tahun 2019.

Proses rekaman selesai dan dilanjutkan pembuatan video klip, dan baru bisa dirilis tahun 2021. “Akhirnya selesai tahun ini dan saya luncurkan,” ucapnya.

Lagu tersebut bercerita tentang sosok pria yang mendambakan satu cinta dalam hidupnya. Menginginkan satu sosok perempuan terbaik sebagai teman perjalanan hidup, juga kawan saat kesepian. Lagu juga sarat akan pesan perjuangan dan semangat untuk terus berusaha untuk memperoleh apapun.

Lagu itu merupakan gambaran kisah hidupnya dan teman-temannya semasa SMA dulu. “Lagu ditulis saat masih SMA, awalnya hanya iseng saja. Hanya waktu itu saya belum tahu bagaimana caranya mengenalkan karya, maka setelah jadi didiamkan saja,” tuturnya.

Kelik mengatakan, genre pop dipilih untuk menyasar pasar kawula muda di Indonesia. Karya musisi Dicky eks Five Minutes banyak mengilhaminya menulis lirik dan syair. Sementara penyanyi asing, Kelik menjadikan vokalis Queen Freddie Mercury sebagai sumber inspirasinya.

Aplikasi berbagi video Youtube menjadi pilihan. Kelik mengunggah karyanya lewat kanal pribadi Vigorous Official. Unggahan itu pun berhasil mencuri perhatian netizen.

Dunia musik, lanjutnya, menjadi pilihan karena ingin membuktikan kemampuannya kepada publik. Bagi Kelik, musik juga merupakan sarana yang pas untuk melampiaskan emosi, perasaan, dan ide-ide yang kerap muncul dalam pikirannya. “Mungkin banyak yang melihat saya aneh, terlalu mengada-ada, tapi itu justru menguatkan saya untuk membuktikan bahwa saya ini bisa berkarya dan diterima publik,” tegasnya.

Kelik berharap apa yang dilakukannya menjadi inspirasi bagi masyarakat. Ia juga bermimpi dapat merealisasikan apa yang dicita-citakan pada tahun 2021. “Ini tekad saya, dan terus dipupuk dengan jargon 2021 Jangan Sampai Lepas,” tandasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI