Kerjasama Pihak Ketiga, Polsa Buka KJA

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Politeknik Sawunggalih Aji (Polsa) Kutoarjo Kabupaten Purworejo membukai Kantor Jasa Akuntansi (KJA). KJA tersebut menyasar pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai mitra kerja.

Polsa menjadi KJA Perwakilan Kutoarjo dari Ace Solusindo yang berpusat di Jakarta. “Kami mendapat amanah untuk menjadi cabang Ace Solusindo. Tentu kami akan jalankan sesuai visi kampus untuk membantu mensejahterakan masyarakat Purworejo,” tutur Pimpinan KJA Perwakilan Kutoarjo, Supriono MSi Ak, kepada KR, Rabu (9/5/2018).

Menurutnya, UMKM menjadi sasaran karena sebagian pelaku usaha kecil itu dinilai awam terhadap metode pencatatan akuntansi. Bahkan sebagian masih mencampuradukkan uang pribadi dengan modal sehingga rentan mengganggu kinerja usaha.

Pada tahap awal, KJA di Polsa akan membina UMKM di Purworejo. KJA akan sosialisasi untuk mengubah pemahaman UMKM bahwa akuntasi penting untuk kelangsungan perusahaan. “Kami menilai pencatatan rugi laba masih jauh dari bagus, kami akan pelan-pelan sosialisasi pada UMKM bahwa akuntansi yang benar memudahkan mereka dalam menjalankan usaha. Kami akan kerjasama dengan pemerintah untuk menggelar pelatihan akuntansi,” terangnya.

Associate Partner Ace Solusindo Drs Yoseph Agus Bagus N Ak CA MSi mengemukakan, akuntansi yang baik akan memudahkan perhitungan laba rugi, termasuk perpajakan. “Artinya jika semua dicatat dan dihitung dengan benar, dapat membantu pemerintah dalam realisasi penerimaan
pajak UMKM,” tegasnya.

Sebanyak kurang lebih 1.800 UMKM yang terdaftar di KPP Pratama Purworejo. Namun belum seluruhnya menunaikan kewajiban perpajakan secara optimal. Managing Director Ace Solusindo Fanny Magdalena SE Ak CA menambahkan, akuntansi adalah pendukung dari sebuah usaha. Hal utama yang dilakukan UMKM, lanjutnya, tetap di bidang produksi, pengemasan dan pemasaran.

“Sebagian UMKM menganggap akuntansi rumit, padahal sebetulnya tidak, maka kami punya tanggung jawab membuka pemahaman pelaku usaha tentang pentingnya akuntansi,” tandasnya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI