Kesadaran Pemeriksaan Kesehatan Ibu Rendah

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Kesadaran kaum ibu di Kabupaten Purworejo untuk pemeriksaan kesehatannya masih rendah. Terlebih untuk deteksi dini kanker servik. Bahkan program pemeriksaan Inpeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) yang diselenggarakan Dharma Wanita Persatuan (DWP) bekerjasama dengan Puskesmas Purworejo juga belum banyak diminati.  Termasuk kaum perempuan yang tergabung dalam anggota DWP sendiri.

"Program cek IVA gratis saja belum bisa menarik simpati untuk mamacu kesadaran pemeriksaan kesehatan pada organ vital perempuan,” kata pengurus DWP Purworejo Ny Dra Erna Setyowati Said Ramadan, Minggu
(04/06/2017).

DWP menurut Ny Erna Setyowati Said Ramadan, perlu memberikan pemahaman secara kontinyu akan pentingnya deteksi dini. “Kami berharap semua perempuan anggota DWP sehat. Namun alangkah baiknya jika pemeriksaan
juga dilakukan melalui IVA. Sebab dengan pemeriksaan ini dapat diketahui sedini mungkin dengan stadium yang masih awal dan masih mudah disembuhkan karena lebih cepat penanganannya,” paparnya.

Pemeriksaan IVA secara gratis ini menurut Erna Setyowati Said Ramadan, akan diagendakan pada tahun mendatang dengan tujuan untuk menyehatkan anggota DWP. (Nar)

BERITA REKOMENDASI