Kesadaran Pengurusan IMB Perlu Ditingkatkan

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten Temanggung terus berusaha meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Diantaranya sosialisasi sampai tingkat desa dan pemasangan baliho pentingnya IMB di sejumlah tempat strategis.

“Kami juga memfasilitasi masyarakat dengan gambar teknis saat pengurusan IMB bagi bangunan dibawah 250 meter persegi,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Temanggung Eko Suprapto, Selasa (22/12/2020).

Dia mengatakan perlu pemahaman dari masyarakat bahwa setiap bangunan permanen harus mempunyai IMB. Masyarakat akan nyaman tinggal di rumah yang sudah berijin. Sedang bagi kalangan perbankan, bangunan yang sudah ber IMB sebagai syarat untuk mendapatkan pinjaman.

Pengurusan IMB, katanya juga sangat mudah, masyarakat dapat berkonsultasi saat pengurusan IMB, bagi yang kesulitan akan dibantu. “Kami berusaha menghapus kesan bahwa mengurus IMB berbelit, sulit karena harus ada gambar teknis. Kami bantu penyediaan gambar gratis,” kata dia.

Dikatakan, secara teknis pengurusan IMB juga mudah dan murah. Biaya ada yang sekitar Rp 200 ribu untuk rumah tempat tinggal namun ada pula yang diatas Rp 100 juta, yakni bangunan industri. IMB untuk tempat tinggal sudah selesai dalam 1 minggu. “Khusus IMB tempat ibadah Rp 0, ini sesuai dengan regulasi,” kata dia sembari mengatakan pemasangan baliho antara lain di sejumlah titik di Pringsurat, Kledung dan Kraggan.

Dikatakan dari IMB, (DPMPTSP) berhasil setor pada kas daerah 108 persen dari target yang sebesar Rp 750 juta. Target tersebut turun setelah refokusing yang semula Rp 1,5 miliar. Setoran ini sebagai yang terbesar.

Eko mengatakan mayoritas bangunan di Temanggung belum memiliki IMB, terutama bangunan tempat tinggal baik di desa dan di kota. Sedangkan untuk perusahaan atau tempat usaha sudah berIMB. Bangunan yang belum kantongi IMB, akan kena sanksi denda atau pembongkaran.

“Denda dikenakan jika bangunan didirikan di zona yang diperbolehkan tetapi sudah membangun sebelum ada IMB. Pembongkaran jika bangunan didirikan dilokasi yang memang tidak boleh mendirikan bangunan,” kata dia. (Osy)

BERITA REKOMENDASI