Kesbangpol Bangun Kesadaran Politik Pemilih Pemula

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Kesadaran politik penting bagi warga masyarakat. Bahkan Kentor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Purworejo membangun kesadaran politik bagi pemilih pemula, terutama para pelajar yang dinilai penting bagi kehidupan politik masa depan.

“Ini penting agar para pelajar sebagai pemilih pemula tidak buta akan politik. Sebab pilihan politik wajib bagi warga negara yang sudah dewasa, dalam hal ini berumur 17 tahun,” kata Kepala Kesbangpol Purworejo H Bambang Sadya Hastono SH MH, Jumat (29/3).

Dalam pendidikan politik bagi pemilih pemula di SMA Negeri 11 Purworejo, Staf Ahli Bupati Purworejo Kendrasmoko SSos MSi menandaskan bahwa sistem politik sekarang harus dipahami semua warga masyarakat. Karena berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pemilu serentak yang akan berlangsung bulan depan nanti, membutuhkan kejelian bagi masyarakat.

“Warga tidak hanya memilih wakilnya yang akan duduk di lembaga legislatif saja, namun sekaligus akan memilih presiden dan wakil presiden (Pilpres),” jelasnya.

Dalam Pemilu system ini menurut Kendrasmoko, warga masyarakat yang belum paham pasti akan bingung, sebab setiap jiwa pemilih akan menerima lima lembar kartu suara, dimana masing-masing kartu suara tidak ada gambar calon yang dipilih. “Kecuali presiden dan wakil presiden,” tambahnya.

Pendidikan politik yang bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Purworejo ini, sekaligus memberikan pencerahan kepada para pelajar atau pemilih pemula terkait berbagai berita hoax yang selama ini merajalela di media sosial (Medsos). (Nar)

BERITA REKOMENDASI