Kesehatan Hewan Kurban Jadi Fokus Pemeriksaan Petugas Dinas Peterikan

MAGELANG, KRJOGJA.com – Guna menyediakan daging yang aman, sehat, utuh dan halal (asuh) menjelang Idul Adha 1440 H, petugas Dinas Peternakan dan Perikanan (Peterikan) Kabupaten Magelang, melakukan pengawasan. Selama lima hari Senin hingga Sabtu (5-10/08/2019) mendatang, mereka akan berkeliling ke sejumlah pengepul dan lapak-lapak yang menyediakan/menjual hewan kurban diwilayah ini. 

“Kegiatan ini untuk mencegah masuk dan beredarnya penyakit hewan menular strategis (PHMS) atau daging tidak layak konsumsi lainnya,” kata Kepala Bidang Kesehatan dan Masyarakat Veteriner Dinas Peterikan Kabupaten Magelang, drh John Manglapy, disela-sela pengawasan di salah satu pengepul hewan kurban di Desa Pasuruhan, Mertoyudan, Rabu (07/08/2019). 

Dalam pengawasan ini, kata John, pihaknya mengerahkan 54 petugas dibagi dalam dua tim. “Mereka terdiri dari 10 orang dokter hewan, 44 orang petugas lainnya. Pemeriksaan hewan, selain hindari penyakit pada sapi, juga memastikan umur, kesehatan hewan,  termasuk menentukan sapi jantan. Ini penting, karena sapi betina tidak boleh dipotong,” tegasnya. 

Selain pemeriksaan, Dinas Peternakan dan Perikanan juga menghimbau panitia kurban untuk tidak menggunakan plastik  saat mendistribusikan daging kepada warga, dan disarankan distribusi daging kurban menggunakan  besek, ini untuk pemberdayaan pengharjin besek.”Terkait penggunakan besek ini, pak Bupati sudah membuat edaran ke seluruh takmir masjid diwilayah ini,” tandasnya.(Bag)

BERITA REKOMENDASI