Kesejahteraan Membaik, Jumlah Lansia Meningkat

PURWOREJO (KRjogja.com) – Seiring dengan membaiknya kondisi kesejahteraan masyarakat, angka harapan hidup masyarakat di Kabupaten Purworejo juga semakin membaik. Bahkan jumlah kaum lanjut usia (Lansia) semakin meningkat.

"Persentase ini (lansia) setiap tahun selalu mengalami peningkatan,” kata Wakil Bupati (Wabup) Purworejo Yuli Hastuti SH, Senin (05/12/2016) pada peringatan hari jadi ke IV Komisi Kelurahan Lanjut Usia (Komlur Lansia) Pangenrejo Kecamatan Purworejo.

Yuli Hastuti menjelaskan, bahwa setiap tahun jumlah kaum lansia selalu mengalami peningkatan. Pada tahun 1970 hanya sekitar 5,3 juta orang atau sekitar 4,5 persen dari jumlah penduduk. Tahun 1990 atau 20 tahun kemudian menglami peningkatan hingga 50 persen lebih, atau menjadi 12,7 juta. Kondisi ini terus meningkat hingga tahun 2000 yang mencapai 14,4 juta dan tahun 2008 menjadi 19,5 juta.

"Jumlahnya makin besar dan persentasenya juga meningkat. Ini menunjukkan bahwa pembangunan yang kita laksanakan telah menghasilkan capaian yang nyata,”  jelasnya.

Meningkatnya jumlah lansia ini lanjut Yuli Hastuti, karena usia harapan hidup juga semakin tinggi. “Dulu rata-rata warga kita meninggal dunia pada usia hampir rata-rata 50 tahun. Kemudian bergeser lagi menjadi 60-an tahun sekian." (Nar)

BERITA REKOMENDASI