Ketep Pass Buka Kembali, Langsung Dibanjiri Wisatawan

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Paska ditutup selama libur Lebaran dari tanggal 4 hingga 17 Mei 2021 kemarin, melalui Surat Edaran Bupati Magelang Nomor 443.5/1729/01.01/2021 yang mengacu pada Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2021 dan Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah Nomor 443.5/0007136 tanggal 4 Mei 2021, sektor pariwisata di Kabupaten Magelang mulai bangkit.

Salah satu buktinya, sejumlah destinasi wisata diwilayah ini dibanjiri pengunjung sejak Selasa (18/5/2021) kemarin, paska dibuka kembali. “Pada hari pertama dibuka Selasa kemarin, dari catatan kami, ketep pas dikunjungi sekitar 1.000 orang. Mayoritas merupakan warga dari luar kota. Hal ini diketahui dari nomor polisi kendaraan yang digunakan,” kata Direktur Ketep Pass, Mul Budi Santoso yang akrab dipanggil ‘Bodrek’ Kamis (20/05/2021).

Disampaikan Bodrek, pada hari kedua dan ketiga atau Rabu dan Kamis (19-20/05/2021), jumlah kunjungan di Ketep Pass juga masih berkisar di angka 1.000 wisatawan. “Untuk angka pastinya masih dihitung. Tapi kisaran selama tiga hari sejak dibuka Selasa kemarin, setiap hari rata-rata jumlah pengunjung dikisaran 1.000 orang,” ungkapnya.

Antusias warga berwisata paska dibuka, juga terlihat di Candi Borobudur, Taman Kelinci Desa Bahasa, Telomoyo, Air Terjun Kedung Kayang dan sejumlah destinasi wisata lainnya. Terkait hal ini, pengelola Daya Tarik Wisata (DTW) di Kabupaten Magelang, optimis disisa libur lebaran ini, masih mendapat kesempatan kunjungan wisatawan.

“Kami optimis, disisa libur lebaran ini beberapa DTW akan dikunjungi wisatawan. Apalagi, anak-anak sekolah masih belajar daring, maka hal tersebut masih membuat kita optimis, jika kunjungan masih ada meskipun libur Lebaran telah usai,” imbuh Ketua Forum Destinas Wisata (DTW) Kabupaten Magelang, Edward Alvian.

Selain karena anak-anak sekolah masih daring, kata Edward, kunjungan wisatawan di sisa libur lebaran ini akan memenuhi sejumlah DTW karena masih banyak pemudik yang belum balik ke daerah asal. “Kami harus selalu optimis. Beberapa pemudik, masih belum balik. Ini peluang. Dan libur lebaran masih beberapa hari lagi. Puncak kunjungan kemungkinan pada sabtu dan minggu tanggal 22 dan 23 Mei besok,” pungkasnya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI