Keyboardis Purworejo Kesulitan Main Keroncong

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) – Berbeda dengan jenis musik lainnya, untuk mengiringi tembang keroncong ternyata menjadi kendala tersendiri bagi para keyboardis di Kabupaten Purworejo. Mereka menganggap, keroncong merupakan jenis musik yang memiliki tingkat kesulitan tinggi. Kini di Purworejo terdapat sekitar 70 keyboardis yang tersebar di 16 kecamatan.

“Sebagian besar di antara mereka mengaku sering kesulitan saat diminta untuk mengiringi lagu keroncong dengan ragam tembang yang dinilai cukup bervariasi,” kata Ketua Komite Seni Musik Dewan Kesenian Purworejo (DKP) Dwi Suryanto, Senin (16/10).

Untuk mensikapi ini Komite Seni Musik DKP menggelar Workshop Keroncong dan Campursari selama satu hari penuh. Pada kegiatan ini para keyboardis digembleng seluk beluk musik keroncong dan campursari, baik secara teori maupun praktik.

“Peserta pelatihan didominasi seniman yang tergabung dalam Komunitas Keyboardis Purworejo, tapi ada juga masyarakat umum dan pelajar,” jelas Dwi Suryanto.

Dikatakan, selama ini dari sejumlah genre musik, keroncong masih menjadi musik yang sering dianggap sulit, padahal dalam praktiknya para keyboardis sering menerima permintaan untuk mengiringi tembang-tembang keroncong. “Untuk campursari memang sebagian besar sudah menguasai, tapi kali ini kita berikan sebagai tambahan wawasan,” tandasnya. (Nar)
 

BERITA REKOMENDASI