KH Jumari Al Ngluwari: Haji Harus Peduli Lingkungan Sosial

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG (KRJOGJA.COM) – Manusia yang sudah beribadah haji dan yang belum harus berbeda. Perbedaan itu antara lain, mereka yang sudah beribadah haji harus lebih peduli dengan lingkungan sosial.

 

" Pak haji dan bu hajjah, harus lebih peduli lingkungan sosial, tidak pelit, harus lebih dermawan, dibanding yang belum beribadah haji," kata Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Magelang, KH Jumari Al Ngluwari, Minggu (8/12).

Ia menyampaikan itu pada pengukuhan pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Amanah (IPHA) angkatan 2019 di Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Magelang. Dikukuhkan antara lain ketua KH Muhammad Tohirin MAg, Sekretaris Arif Zaini dan Bendahara Erni Triani, Nur Handayani Ningsih. Pengukuhan dilakukan oleh Sulaiman Affandi pengurus KBIH Amanah.

Dikatakan Jumari, haji dan hajjah harus semakin cerdas yang mempunyai ciri menepati janji, rajin silaturahim dan takut pada Allah dan dihisap yang jelek oleh Allah.  " Manusia harus semakin teguh dan rajin dalam beribadah," katanya.

Sulaiman Affandi mengatakan manusia yang sudah berhaji harus semakin meneguhkan dalam beramar makruf nahi mungkar dalam menjaga kemabruran haji.

" Mabrur haji harus dipertahankan dengan taat beribadah, dan peduli lingkungan," katanya.

Ketua IPHA 2019 KH Muhammad Tohirin MAg mengatakan berbagai program disepakati pada pertemuan tersebut diantaranya bantuan pada anggota IPHA yang menderita kesusahan dan bencana.

" Kami juga punya program bantuan pada warga yang mengalami kebencanaan, bantuan berupa tenaga, material atau sembako," katanya. (Osy)

 

 

BERITA REKOMENDASI