Kirab Awali Pembukan Wisata Gununggono

MAGELANG (KRjogja.com) – Warga Desa Banyubiru, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, menghelat karnaval budaya sebagai awal pembukaan tempat wisata baru, Gununggono, Minggu (04/09/2016). Sekitar 14 dusun dan delapan sekolah ikut terlibat dalam pesta rakyat tersebut.

"Pagi hari kita bisa melihat sunrise tepat di tengah Gunung Merapi dan Merbabu. Konsentrasi kami menggarap ekowisata. Karena Gununggono juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat outbound. Seperti bumi perkemahan juga," kata Kepala Desa Banyubiru, Wintoro, di sela acara.

Gununggono, lanjutnya, adalah sebuah bukit yang memiliki sejarah kuat bagi peradaban disekitar Banyubiru. Terdapat peninggalan bersejarah berupa Yoni, dan menjadi tempat pemantauan Gunung Merapi pertama kalinya sekitar tahun 1920. Atau sebelum dibangunnya Pos Pemantauan Gunung Merapi Babadan.

"Selain itu, terdapat makan Kyai Mukri, yang diyakini sebagai penyebar agama Islam. Bukit Gununggo juga menawarkan panorama alam yang indah. Seperti sunrise. Kami berharap, adanya tempat wisata ini bisa memberikan dampak positif dari sisi perekonomian, sosial dan budaya," ungkapnya.

Kabid Kesenian dan Nilai Tradisi, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Ahmad Husein, mengapresiasi kegiatan yang di motori Kantor Desa Banyubiru. (Bag)

BERITA REKOMENDASI