Klaster Kondangan di Parakan, 1 Orang Meninggal dan 19 Positif Covid-19

Editor: KRjogja/Gus

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Satu orang meninggal dan setidaknya 19 orang di Kecamatan Parakan dinyatakan positif Covid-19 usai pulang dari Kondangan di Cirebon Jawa Barat. Mereka yang positif kini menjalani karantina di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Temanggung dan dalam pantauan serta pengobatan petugas kesehatan.

Bupati Temanggung Al Khadziq mengatakan terdapat kluster baru Covid-19 di Kabupaten Temanggung, yakni kluster kondangan. Awalnya satu rombongan dari Desa Situk dan Coyudan Kecamatan Parakan menghadiri kondangan di Cirebon Jawa Barat.

“Pulangnya ada seorang yang sakit dan meninggal yang berdasar hasil labolatorium positif Covid-19,” kata Bupati Al Khadziq di temui usai Sidang Paripurna penetapan APBD Perubahan, Rabu (30/9).

Dikemukakan hasil pelacakan pada mereka yang kondangan dan kontak erat dengan korban dan terdapat setidaknya ada 19 orang yang dinyatakan positif Covid-19. Mereka lantas diminta untuk isolasi mandiri atau karantina mandiri di rumahnya.

Namun, terang dia, karena lokasi pemukiman sangat padat, warga sekitar meminta mereka untuk dikarantina di tempat karantina pemerintah yakni di BLK. ” Ada kekhawatiran warga, ada penularan Covid-19. Pemukiman sangat padat sehingga tidak memungkinkan karantina mandiri di rumah masing-masing,” kata dia.

BERITA REKOMENDASI