Kodim 0706 Temanggung Terima Alokasi 15 ribu Dosis Vaksin Untuk Siswa dan Lansia

Editor: Agus Sigit

TEMANGGUNG, KRjogja.com – Kodim 0706 Temanggung mendapat alokasi sebanyak 15 ribu dosis untuk percepatan capaian vaksinasi di Kabupaten Temanggung. Vaksin ditarget selesai dalam satu minggu vaksinasi dengan sasaran lansia dan siswa.

Dandim 0706 Temanggung Letkol CZI Kurniawan Hartanto mengatakan dosis yang di dapat dari Kodam IV Diponegoro adalah Sinovac, sehingga lebih leluasa dalam mengalokasikan terutama pada siswa dan lansia.

“Sinovac tidak banyak menimbulkan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI), ” kata Kurniawan Hartanto, Kamis (30/9).

Dia mengatakan 15 ribu dosis diperintahkan untuk vaksinasi dalam rangka HUT TNI ke 76. Sasaran yang ditekankan siswa dan lansia di wilayah Kabupaten Temanggung.

Secara teknis katanya alokasi vaksin bekerjasama dengan instansi terkait, yakni Dinas Kesehatan. Oleh Dinas Kesehatan langsung didistribusikan pada Puskesmas.

Dikemukakan berdasar catatan ada 15 puskesmas yang akan menggelar vaksinasi tersebut. Tiap hari nanti tiap puskesmas melakukan vaksinasi sekitar 150 hingga 200 dosis per hari.

“Target harian 2000 dosis. Tujuh hari pelaksanaan, vaksin dari Kodam sudah habis,” kata dia.

Dikatakan Kodim 0706 Temanggung masih melakukan vaksinasi dari rumah ke rumah dengan sasaran lansia. Dari 5000 dosis yang telah terpakai 2500 dosis.

“Vaksinasi ini digelar di titik-titik yang membutuhkan. Pada warga yang membutuhkan bisa menghubungi kodim atau koramil terdekat,” kata dia.

Dikatakan lansia dan siswa menjadi sasaran karena capaianya masih rendah. Vaksinasi pada siswa juga untuk mencegah timbulnya kluster Covid-19 dari siswa sekolah.

” Kami memacu vaksinasi, capaian vaksinasi juga sebagai penilaian terhadap kategori PPKM yang ada,” kata dia. (Osy)

BERITA REKOMENDASI