Kodim Magelang Gelar Serbuan Teritorial

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Kegiatan ‘Serbuan Teritorial’ TNI merupakan bagian pembinaan teritorial dan optimalisasi program teritorial yang telah dilaksanakan selama ini oleh TNI beserta jajarannya di wilayah-wilayah Indonesia. Demikian antara lain dikemukakan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Ganip Warsito yang dibacakan Asrenum Laksda TNI Heru Kusmanto SE MM dalam pembukaan ‘Serbuan Teritorial TNI’ Korem 072 Pamungkas di Desa Podosoko Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang, Sabtu (29/05/2021).

Kegiatan ini bertujuan pokok memantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat dalam rangka mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk menciptakan suasana yang kondusif yang menunjang terwujudnya stabilitas keamanan dalam negeri, khususnya di masa pandemi Covid-19 ini.

“Kegiatan ini juga merupakan wujud darma bakti TNI untuk membantu menangani permasalahan sosial dan kemanusiaan yang terjadi di wilayah, serta membantu pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

Asrenum TNI mengatakan serbuan TNI di bidang teritorial ini diinginkan TNI tetap seperti program-program yang lalu, tetap menyatukan antara TNI bagian dari masyarakat, TNI adalah rakyat. “Sehingga kegiatan kita otomatis harus semaksimal mungkin bermanfaat bagi masyarakat,” kata Asrenum TNI yang didampingi Komandan Korem 072/Pamungkas, Komandan Kodim 0705/Magelang maupun lainnya.

Sehingga pada saat ini di Kodim 0705/Magelang, lanjutnya, dioptimalkan untuk membantu masyarakat, baik untuk memperlancar akses jalan, sarana ibadah maupun sarana lain untuk manfaat ekonomi. “Tahun ini bisa dilaksanakan di beberapa daerah di Indonesia, khususnya di Jawa adalah di Magelang,” kata Asrenum TNI sambil menambahkan tanggal 2 Juni 2021 mendatang dilaksanakan di daerah Kuningan Jawa Barat.

Komandan Kodim 0705/Magelang Letkol Arm Rohmadi SSos MTr (Han) selaku Komandan Sub Satuan Tugas Serbuan Teritorial (Serter) mengatakan kegiatan ini dilaksanakan 29 Mei 2021 hingga 27 Juni 2021 di wilayah Kabupaten Magelang dan Kota Magelang. Di Kabupaten Magelang dilaksanakan di Desa Podosoko Kecamatan Candimulyo, Ngrajek 2 dan Desa Paremono Kecamatan Mungkid, sedang di Kota Magelang dilaksanakan di Kampung Kriyan Kelurahan Potrobangsan Kecamatan Magelang Tengah.

Bupati Magelang diantaranya mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan sinergitas dan kemanunggalan pemerintah daerah, TNI dan rakyat akan menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi sebagai upaya meringankan beban masyarakat di masa pandemi yang masih melanda negeri ini. “Serta mampu menumbuhkan rasa kesadaran dalam menjaga dan mencegah penularan Covid-19,” kata Bupati Magelang. (Tha)

BERITA REKOMENDASI