Kodim Wonosobo Gelar Pengobatan Gratis Ternak

Editor: Ivan Aditya

WONOSOBO, KRJOGJA.com – Bagi masyarakat pedesaan hewan ternak seperti sapi, kambing, ayam dan lain sebagainya merupakan aset yang sangat berharga. Semakin banyak hewan ternak yang dimiliki maka akan semakin tinggi tingkat status sosialnya dimasyarakat.

Hewan ternah didesa mempunyai banyak manfaat seperti sebagai tabungan bila mana ada keperluan mendadak, merupakan sumber pupuk organik yang sangat baik bagi para petani untuk meningkatkan produksi hasil pertaniannya. Melihat hal tersebut dalam program TMMD Reguler ke 100 di Desa Pagerejo Kertek dilaksanakan pengobatan gratis bagi ternak yang ada disana dengan mengundang petugas dari Distan dan Peternakan Kabupaten Wonosobo yang dipimpin oleh Ir Mahargono dan Koordinator kegiatan Kapten Mariyanto, Selasa (17/10/2017).

Kapten Mariyanto menyampaikan ini sebagai bentuk nyata bahwa TNI benar-benar peduli terhadap permasalahan yang terjadi diwilayah. Sehingga apabila ada permasalahan segera dibantu masyarakat agar masyarakat lebih sejahtera salah satunya dengan penyuluhan dan pengobatan gratis agar ternak yang ada bisa dijadikan aset yang baik bagi mereka.

“Kegiatan yang dilaksanakan meliputi kawin suntik, pengobatan cacing, pemberian vitamin, serta penyuluhan cara beternak yang baik dan benar sehingga hasil bisa optimal. Setelah kegiatan ini selesai diharapkan para pemilik ternak bisa melaksanakan apa yang telah diajarkan bisa dilaksanakan dengan baik,” unkapnya.

Ir  Mahargono mengatakan, kegiatan tersebut sebagai bentuk sinergitas antara TNI dengan   Distan dan Peternakan Kabupaten Wonosobo melalui Program TMMD Reguler ke-100 juga dalam rangka untuk mendukung swasembada daging dalam negeri. Sapi-sapi yang mengikuti pengobatan gratis adalah sapi milik petani ataupun dari kelompok ternak.
Salah satu pemilik ternak, Sarwito mengaku senang dengan adanya pemeriksaan dan pengobatan gratis bagi hewan ternak miliknya. Ia pun berharap, pemerintah melalui dinas terkait dapat melakukan pemantauan secara rutin terhadap ternak agar hewan dapat terhindar dari penyakit. (*)

BERITA REKOMENDASI