Koleksi Ratusan Bendera Merah Putih, Cara Ahmat Adi Pangestu Cintai Tanah Air

Editor: Agus Sigit

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Ahmat Adi Pangestu (23) warga RT 06 RW 01 Desa Loning, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo, memiliki cara tersendiri dalam memupuk rasa cinta terhadap tanah air.

Ia mengoleksi ratusan bendera merah putih, foto pahlawan dan presiden/wakil presiden, pakaian dan beberapa simbol perjuangan. Tidak hanya itu, Ahmat memasang bendera merah putih di jalan setapak di sekitar rumahnya setiap peringatan hari besar nasional, ziarah di makam pejuang, dan libur bekerja setiap hari besar nasonal. “Itu cara saya menghormati jasa para pahlawan,” katanya kepada KRJOGJA.com, Selasa (23/11).

Menurutnya, kecintaan terhadap tanah air merupakan harga mati. Sama halnya dengan mengibarkan bendera merah putih saat hari besar nasional, yang kata Ahmat, merupakan kewajiban paling penting.

Ahmat mengatakan, hobinya mengoleksi benda yang terkait dengan nasionalisme berawal sejak masih kelas I SD. Ia mengaku tertarik dengan pelajaran sejarah yang disampaikan guru sekolahnya.

Cerita tentang perjuangan pahlawan itu diresapi dalam hati Ahmat. “Saya terus pupuk rasa cinta itu antara lain dengan banyak membaca buku sejarah. Lalu setelah lulus SMK dan bekerja sebagai pedagang sayur keliling, saya mulai sisihkan penghasilan untuk membeli bendera, seragam, dan gambar-gambar,” ungkapnya.

Ahmat memiliki sedikitnya 150 bendera merah putih, puluhan foto pahlawan dan presiden/wapres sejak Soekarno hingga Presiden Jokowi. “Untuk seragam, saya pakai saat hari besar nasional. Saat itu saya libur berdagang dan berziarah di pusara pejuang yang dimakamkan di pemakaman Loning atau ke Makam Pahlawan Projo Handoko Loyo Purworejo,” terangnya.

BERITA REKOMENDASI